Find Us On Social Media :

Tidur dengan Selimut Tebal Baik untuk Kesehatan Mental? Begini Penjelasannya

Tak hanya berfungsi menghangatkan badan, selimut juga bisa bantu menjaga kesehatan mental.

GridKids.id - Kids, apakah kamu tipe yang harus tidur dengan selimut di malam hari?

Kebiasaan tidur dengan selimut ternyata enggak hanya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh ketika suhu semakin turun di malam hari.

Tidur dengan selimut tebal ternyata juga direkomendasikan para ahli bagi mereka yang punya gangguan kecemasan dan gangguan tidur.

Manfaat menggunakan selimut tebal Dilansir dari hellosehat.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Occupational Teraphy of Mental Health yang dilakukan pada 2008, menemukan fakta bahwa selimut tebal bisa membantu menurunkan stres dan mengurangi kecemasan.

Selimut tebal dan berat bisa membantu memberikan Deep Pressure Touch Stimulation (DPTS) yang enggak bisa dirasakan ketika menggunakan selimut biasa.

DPTS berfungsi serupa dengan pijatan atau tekanan dalam tubuh yang memberikan tekanan yang dalam serupa memegang, menggesek, membelai binatang, atau memeluk bayi.

Sensasi inilah yang bisa menimbulkan efek tenang dan rileks pada penggunanya.

Efek dari selimut tebal bahkan disamakan dengan pelukan yang hangat, karena bisa membantu memberikan efek rileks pada saraf.

Baca Juga: Benarkah Kebiasaan Membereskan Tempat Tidur Bisa Memengaruhi Kesehatan Mental? #AkuBacaAkuTahu

Kebiasaan tidur dengan selimut tebal dianggap sebagai terapi non-obat yang cukup manjur untuk membantu seseorang bisa tidur dengan santai secara alami.

Tekanan yang dirasakan tubuh secara perlahan ini bisa membantu produksi hormon serotonin pada otak yang bisa membantu mengatur suasana hati dan tidur seseorang.