Find Us On Social Media :

Serba-serbi Onde-Onde, Kue Berselimut Biji Wijen yang Lezat dan Gurih

Onde-onde adalah kue tradisional yang dibawa oleh orang Tionghoa ke wilayah nusantara sejak masa-masa awal berdagang dan menetapnya.

GridKids.id - Kids, siapa nih di antara kamu yang suka makan onde onde?

Onde onde adalah salah satu camilan yang populer dan banyak disukai di Indonesia.

Onde-onde adalah kue yang dibalut dengan biji wijen dan banyak dijajakan oleh penjual kue di pasar maupun di toko-toko kue tradisional.

Meski populer dan banyak digemari di Indonesia, onde-onde bukan jajanan asli Indonesia, lo.

Onde-onde adalah kue yang dibawa oleh orang Tionghoa selama mereka aktif datang untuk berdagang hingga menetap di nusantara.

Dilansir dari laman id.theasianparent.com, onde-onde merupakan kue yang berusia tahun dan diperkenalkan sejak ribuan tahun sebelum masehi.

Sejak dulu onde-onde merupakan makanan rakyat yang dibuat untuk dinikmati oleh para kuli bangunan yang bekerja untuk membangun istana.

Namun, sejarah mencatat sejak era Dinasti Tang, onde-onde sudah menajdi salah satu makanan yang istimewa di Istana dan dikenal dengan nama Ludeui.

Onde-onde yang dikenal dengan ludeui, ma yuan, atau jen dai ini kala itu dilihat sebagai simbol keselamatan dan kebersamaan.

Sajian onde-onde juga menjadi salah satu kelengkapan dalam perayaan Cap Go Meh di Indonesia sebagai simbol keberuntungan dan harapan untuk kehidupan yang lebih baik di tahun yang baru.

Lalu, seperti apa sih perkembangan kue onde-onde di Indonesia? Simak sama-sama uraiannya, ya, Kids.

Baca Juga: Jadi Makanan Khas Mojokerto, Ternyata Onde-Onde Bukan Panganan Asli Indonesia