Find Us On Social Media :

15 Fakta Ilmiah Buah Alpukat, dari Khasiat Daun sampai Daging Buahnya

Buah alpukat adalah salah satu buah yang berasal dari Amerika Tengah tapi kini banyak dikonsumsi di Indonesia.

GridKids.id - Kids, apakah kamu termasuk penggemar buah alpukat?

Alpukat atau avocado adalah salah satu buah yang banyak disukai oleh orang Indonesia.

Biasanya alpukat disantap sebagai minuman segar hingga jus buah, beberapa orang juga biasa menyantap alpukat segar sebagai isian roti lapis.

Alpukat adalah buah yang punya kandungan gizi tinggi dengan sejumlah fitokimia seperti saponin, alkaloid, flavonoid (carotenoid lutein), tanin, asam folat, asam pantotenat, asam oleat, vitamin, mineral, dan lain sebagainya.

Dalam buku berjudul Fakta Ilmiah Buah Sayur oleh dr. Setiawan Dalimartha dan dr. Felix Adrian tertulis beberapa fakta menarik fakta menarik tentang buah alpukat. Apa saja faktanya, ya?

Fakta Menarik Buah Alpukat

1. Warna buah alpukat bermacam-macam tergantung dengan jenis varietasnya, ada yang berwarna hijau, hijau kekuningan, berbintik-bintik ungu, atau ungu sepenuhnya.

2. Buah alpukat enggak matang di pohonnya karena kematangannya terhambat hormon yang diproduksi daun, daging buah yang lunak jika sudah masak akan berwarna hijau pucat kekuningan.

3. Kandungan beta-sitosterol dalam buah alpukat bisa mengurangi penyerapan kolesterol di usus yang berasal dari makanan.

4. Kandungan niasin pada buah alpukat bisa memengaruhi aktivitas enzim lipoprotein lipase.

Hal ini memicu penurunan produksi VLDL di organ hati yang bisa menyebabkan penurunan kolesterol total, kolesterol LDL,dan trigliserida.

Baca Juga: Tak Cuma Lemak Baik, Ini 7 Kandungan Nutrisi Buah Alpukat yang Buat Tubuh Tetap Sehat