Find Us On Social Media :

5 Manfaat Puas untuk Kesehatan Jantung, Salah Satunya Mengurangi Diabetes

Jantung adalah bagian utama dari sistem peredaran darah di dalam tubuh setiap orang.

GridKids.id - Puasa memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya menyehatkan jantung.

Seperti yang telah diketahui, bahwa jantung adalah organ vital yang berfungsi sebagai pemompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Dikutip dari Kompas.com puasa ternyata bermanfaat bagi jantung karena melatih ritme jantung secara periodik untuk mengalirkan darah dengan baik.

Tak hanya itu Kids, ini ada beberapa manfaat puasa lainnya untuk kesehatan jantung:

1. Menurun kadar kolestrol jahat

Puasa potensial untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Kolesterol jahat bisa menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis (penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah). Kondisi ini termasuk faktor penyebab penyakit jantung.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung coroner

Manfaat puasa bagi kesehatan jantung selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengurangi risiko penyakit jantung coroner.

Menurut hasil penelitian dalam jurnal Chest pada tahun 2020 dengan judul “Ramadan Fasting and Coronary Artery Desease in Patients Who Underwent Coronary Catheterization”.

Selama bulan Ramadan pasien yang memiliki penyakit jantung coroner menjadi lebih sedikit jumlahnya (48 orang, 62,3 %) bila dibandingkan dengan waktu sebelum Ramadan (89 orang, 82,4 %) dan setelah Ramadan (53 orang, 72,6 persen).

Baca Juga: Selain Kesehatan Fisik, Ini 3 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental