Find Us On Social Media :

Pemilihan Umum: Tujuan dan Sejarah Singkatnya, Pendidikan Pancasila Kelas XII

Pemilu atau pemilihan umum adalah salah satu praktik nilai demokrasi politik yang dilakukan di Indonesia.

GridKids.id - Kids, kembali lagi bersama GridKids untuk membahas bersama berbagai materi pendidikan Pancasila kelas XII SMA.

Kamu sudah membahas tentang lembaga negara juga perannya di berbagai bidang.

Nah, kali ini kamu akan diajak membahas tentang pemilu atau pemilihan umum.

Dalam buku materi Pendidikan Pancasila untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas XII bab 7 berjudul Menjadi Pelopor Pemilih Pemula dalam Demokrasi Indonesia.

Tepat sekali mendekati Pemilu minggu depan, kamu akan diajak membahas bersama tentang pemilihan umum, nih, Kids.

Pelaksanaan pemilu adalah cara untuk bangsa Indonesia menjamin kedaulatan rakyat. Tiap orang punya hak suara yang sama dalam menentukan pilihan.

Jaminan ini berkaitan dengan beragam tujuan demokrasi bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.

Indonesia sebagai negara hukum (rechstaat) punya konsekuensi logis dalam mengedepankan norma hukum yang berlaku (supremasi hukum).

Dengan kata lain, tiap tindakan atau kegiatan administrasi negara harus berdasarkan hukum yang berlaku dan memberikan kepastian hukum.

Begitu juga dengan pemilu dan sistem demokrasi di Indonesia yang dilaksanakan berlandaskan hukum demi mewujudkan kedaulatan rakyat dan mencapai tujuan nasionalnya.

Demokrasi sebagai sebuah sistem pemerintahan dengan arti bahwa pemerintahan yang sah adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Baca Juga: Perkembangan Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia, Materi PKN Kelas 9 SMP