Find Us On Social Media :

Mengenal Struktur, Ciri, Jenis, dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Iklan digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa kepada khalayak umum.

GridKids.id - Iklan disebut juga sebagai reklame yang mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada masyarakat.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang struktur, ciri, jenis, kaidah kebahasaan teks iklan.

Iklan merupakan bentuk kegiatan komunikasi nonpersonal yang disampaikan lewat media untuk menyampaikan pesan yang bersifat membujuk kepada konsumen.

Struktur Teks Iklan

Ada tiga struktur teks iklan yang perlu diketahui, yaitu:

1. Orientasi: bagian awal yang berisikan perkenalan produk/jasa.

2. Iklan: membahas inti dari yang ingin dipromosikan atau ditawarkan dalam iklan.

3. Justifikasi: berisi penjelasan yang memudahkan publik untuk mengakses barang atau jasa yang ditawarkan. Biasanya akan dilengkapi dengan nomor telepon, media sosial, email, website, email, alamat, dan sejenisnya.

Ciri-Ciri Teks Iklan

Iklan akan berhasil tergantung dari seberapa menariknya iklan tersebut ditawarkan. Adapun ciri-ciri iklan adalah:

- Memakai subjek orang pertama.

Baca Juga: Mengenal Struktur, Ciri-Ciri, dan Unsur dari Teks Cerita Sejarah

- Memakai kalimat persuasif

- Memakai kalimat slogan

- Menyertakan gambar yang menarik

Jenis-Jenis Teks Iklan

Berikut adalah jenis-jenis teks iklan, yaitu:

- Iklan kuping: iklan yang dimuat dalam boks berukuran kecil di sebelah kiri dan kanan logo (nama) surat kabar.

- Iklan halaman di muka.

- Iklan keluarga, kelahiran, pertunangan, perkawinan, atau kematian.

- Iklan muhibah: iklan yang biasanya dimuat atau disiarkan oleh media massa dengan kerja sama orang atau lembaga, baik pemerintah atau swasta.

- Iklan baris atau iklan mini.

- Iklan buta: iklan anonim karena tidak menyebukan identitas pemasangnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Membaca Teks Biografi, Salah Satunya Mendapatkan Inspirasi

- Iklan blok atau iklan display: iklan yang menyertakan gambar atau foto dan hiasan yang menarik dan biasanya berukuran besar.

- Iklan sponsor: iklan berita berupa tulisan yang sepintas tampak seperti laporan biasa, tetapi sarat dengan pesan untuk mempromosikan suatu perusahaan, produk, dan negara.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Terdapat beberapa kaidah kebahasaan teks iklan, yaitu:

- Kalimat imperati: kalimat yang memuat perintah atau larangan.

- Kalimat interogatif: kalimat yang mengandung pertanyaan.

- Kalimat berita: kalimat yang berisi informasi.

- Kalimat persuasif: kalimat yang bertujuan untuk membujuk, mengajak, atau memberi anjuran.

- Kalimat seru: kalimat untuk mengungkapkan rasa kagum atau ajakan. 

Nah, itulah penjelasan mengenai teks iklan yang meliputi struktur, ciri, jenis, dan kaidah kebahasaannya.

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.