GridKids.id - Pada pembahasan materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang unsur-unsur iklan media cetak.
Dalam materinya terdapat pertanyaan, apa saja unsur-unsur iklan di media cetak?
Untuk menjawab pertanyaannya, kamu harus membaca isi materinya seperti berikut ini!
Iklan merupakan teks yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertartik pada barang atau jasa yang ditawarkan.
Untuk orang yang menjalankan usaha, iklan menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kemajuan usahanya.
Dengan menggunakan iklan, maka produk barang atau jasa yang dijual bisa dikenal oleh masyarakat luas.
Agar iklan bisa berfungsi secara efektif, maka iklan bisa dimuat di berbagai media massa, seperti media cetak dan elektronik.
Namun, iklan di media cetak seperti koran, majalah atau brosur tentu berbeda dengan iklan elektronik seperti radio, televisi, dan internet.
Semua media yang menampilkan iklan memiliki ciri khas atau karakteristik. Salah satu ciri khasnya terletak pada unsur iklan.
Unsur Iklan Media Cetak
1. Keunggulan Produk
Baca Juga: Iklan Kolom: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Macamnya, Kelas 5 SD Tema 9
Keunggulan produk harus dituliskan dalam iklan agar calon konsumen mengetahui mengapa mereka harus membeli produk itu.
Sebaiknya, keunggulan produk yang ditampilkan adalah keunggulan yang tidak dimiliki dan menjadi pembeda dari produk lain.
2. Nama Produk
Dalam penulisan nama produk, sebaiknya nama produk itu ditulis dengan jelas dan dengan font yang lebih besar dari lainnya.
Hal ini bertujuan agar nama produk mudah dibaca dan diingat oleh orang yang melihat dan membaca iklan media cetak itu.
3. Nomor Telepon atau Alamat
Nomor telepon atau alamat adalah unsur yang sebaiknya ada di iklan media cetak untuk memudahkan calon konsumen.
Adanya nomor telepon dan alamat penjual akan memudahkan konsumen yang ingin menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan.
4. Slogan atau Kata Kunci
Kalau sedang melihat-lihat iklan di media cetak, maka tak jarang kita menemukan penggunaan slogan yang ikonik.
Baca Juga: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenis Iklan Baris, Kelas 5 SD Tema 9
Nah, penggunaan slogan atau kata kunci pada iklan di media cetak penting digunakan agar calon konsumen mudah mengingatnya.
Slogan atau kata kunci memang harus menarik, namun jangan lupa untuk menggambarkan produk dengan baik dan jelas.
5. Gambar yang Menarik
Kita bisa menggunakan gambar yang menarik pada iklan di media cetak, misalnya iklan dari barang yang ditawarkan.
Gambar yang menarik ini akan membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk melihat iklan yang dimuat di media cetak.
Semakin banyak orang yang melihat iklan di media cetak, maka semakin besar pula peluang calon konsumen untuk membeli produk.
6. Harga
Mencantumkan harga produk atau jasa pada iklan juga menjadi unsur penting yang sebaiknya ada di iklan media cetak.
Sebab, jika harga produk atau jasa dicantumkan dalam iklan, maka konsumen jadi tahu berapa biaya yang harus disiapkan.
Nah, itu dia penjelasan mengenai unsur-unsur yang digunakan dalam iklan media cetak.
Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: Cek di halaman 1 |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Heni Widiastuti |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar