Find Us On Social Media :

Pemerintahan Ratu Victoria dan Perkembangan Inggris Era Revolusi Industri

Ratu Victoria adalah Ratu dari Britania Raya dan Irlandia yang bertahta sejak 1837 hingga 1901.

GridKids.id - Halo, Kids, kembali bersama dengan GridKids untuk melanjutkan pembahasan tentang sejarah Kerajaan Inggris, nih.

Di artikel sebelumnya kamu sudah bersama-sama melihat seperti apa Inggris di bawah kepemimpinan Ratu Anne (1702-1714).

Pada artikel yang sama juga kamu sudah melihat bahwa Inggris menghadapi kekuatan Prancis hingga pertempuran di Waterloo yang berujung pada kekalahan tentara Napoleon dari gabungan kekuatan Inggris dan Prusia.

Selesai dari gempuran tentara Prancis, Inggris harus menghadapi revolusi Industri yang makin masif.

Muncul mesin uap, mesin pemintal dan penggunaan batubara untuk meleburkan besi, dan temuan-temuan teknologi baru di abad 18.

Munculnya mesin-mesin menggantikan pekerjaan manusia ini berarti makin murah dan beban kerja makin efisien.

Perkembangan industri juga mendorong perubahan di bidang transportasi untuk mendukung distribusi barang-barang produksi pabrik, Kids.

Bersamaan dengan itu alat dan teknologi komunikasi juga mulai difungsikan untuk memudahkan berbagai transaksi dan mobilitas manusia. Kondisi ini mendorong lahirnya kota-kota besar di Inggris, Kids.

Di saat bersamaan teknologi dan perkembangan zaman memudahkan dan mengurangi konflik antar petani terkait lahan.

Pekerjaan kasar sebagai buruh pertanian digantikan oleh mesin-mesin yang bekerja jauh lebih cepat dan efisien. Alhasil desa-desa dengan kegiatan pertanian ditinggalkan, melahirkan urbanisasi besar-besaran ke kota.

Hal ini memunculkan permasalahan sosial yang baru seperti daerah-daerah kumuh hingga sumber penyakit yang menyerang kaum perempuan dan anak-anak yang bekerja di pabrik untuk waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Dinamika Hubungan antara Kerajaan Inggris dengan Parlemen Abad 16-17