Find Us On Social Media :

IPS Kelas 11 : Bagaimana Cara Mengatasi Permasalahan Migran Indonesia?

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tenaga kerja migran adalah memberikan perlindungan hukum

GridKids.id - Permasalahan tenaga kerja migran Indonesia kerap kali muncul.

Biasanya masalah yang dialami oleh pekerja migran Indonesia (PMI) adalah kurangnya perlindungan. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi permasalahan migran Indonesia?

PMI kerap mendapat perilaku yang tidak menyenangkan, misalnya adanya kekerasan, selain itu keselamatan kerja dan perawatan di negara penempatan. 

Dalam hal ini juga Menteri Ketenagakerjaan menjelaskan masalah besar terkait tata kelola implementasi jaminan sosial Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Beberapa masalah itu adalah belum adanya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Terkait manfaat JKK dan JKM yang belum sejalan dengan PP 82 Tahun 2019 tentang perubahan atas PP No 44 tahun 2015 tentang penyelenggaraan program JKK dan JKM.

Masalah berikutnya kurangnya pengawasan oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) maupun Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) setelah berada di luar negeri dan sulitnya akses untuk berkomunikasi dengan KBRI.

Untuk melindungi pekerja migran di luar negeri, pemerintah mengeluarkan UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia dan Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Dalam aturan ini, perlindungan pekerja migran Indonesia dilakukan untuk menjamin pemenuhan hak pekerja sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja.

Namun, implementasi aturan ini masih dari jauh dari kata sempurna.

Baca Juga: Pentingnya Pemerintah Perkuat Perlindungan Perkerja Migran Indonesia