Find Us On Social Media :

Selain Lemper, Inilah 11 Makanan Tradisional Indonesia yang Dibungkus Daun Pisang

Lemper adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang dibungkus menggunakan daun pisang.

GridKids.id - Jika bicara tentang makanan tradisional Indonesia, dalam beberapa artikel GridKids sebelumnya kamu sudah mengenal beragam contohnya.

Beragam jenis makanan tradisional Indonesia dibuat menggunakan berbagai bahan dasar seperti jagung, singkong, tepung beras, hingga beberapa ragamnya yang dilengkapi dengan lelehan gula jawa yang legit.

Kali ini kamu akan diajak mengenal ragam makanan tradisional Indonesia lain yang dibungkus menggunakan daun pisang.

Daun pisang umum dipergunakan untuk membungkus atau wadah makanan di Indonesia.

Selain praktis dan bisa dibuang tanpa mencemari lingkungan, daun pisang sebagai pembungkus makanan disebut punya aroma yang menggugah selera makan.

Daun pisang banyak digunakan sebagai pembungkus makanan tradisional karena ekonomis dan mudah ditemukan di sekitar lingkungan rumah.

Penggunaan daun pisang merupakan cara tradisional yang digunakan oleh masyarakat nusantara, karena pada masa lampau belum ada pembungkus plastik atau mika untuk mengemas makanan.

Sehingga masyarakat mempergunakan daun sebagai pembungkus makanan, salah satu yang mudah ditemukan di sekitar dan enggak sulit untuk diperoleh adalah daun pisang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah daftar makanan tradisional Indonesia yang dibungkus menggunakan daun pisang, di antaranya:

Makanan Tradisional Indonesia yang Dibungkus dengan Daun Pisang

1. Lemper: kudapan yang terbuat dari ketan yang diisi abon atau cincangan daging ayam yang sudah dimasak menggunakan rempah yang khas.

Baca Juga: Sering Disajikan Ketika Hajatan, Begini Filosofi Kehidupan dalam Jajanan Lemper