Find Us On Social Media :

6 Manfaat Cokelat Hitam yang Kaya Antioksidan, dari Sehatkan Otak hingga Kulit

Cokelat hitam kaya kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

GridKids.id - Cokelat hitam atau dark chocolate adalah salah satu asupan sehat yang banyak dikonsumsi karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Cokelat hitam yang kaya kandungan antioksidan inilah yang banyak dikonsumsi untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan otak dan jantung.

Cokelat hitam terbuat dari tanaman kakao murni dengan kandungan kakao sebesar 35-85%, bebas susu dan mengandung lebih sedikit gula ketimbang jenis cokelat lain yang dijual di pasaran.

Inilah yang membuat cokelat hitam terasa lebih kuat juga pahit daripada cokelat biasanya yang sudah ditambahi banyak susu dan gula.

Selain kandungan senyawa antioksidan yang menyehatkan, cokelat hitam juga kaya theobromine atau zat antiradang yang hanya ada dalam tanaman kakao, kafein dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B, E, dan K.

Dilansir dari laman alodokter.com, beberapa penelitian ilmiah menyebut bahwa konsumsi cokelat hitam yang aman adalah sekitar 40 gram per hari.

Dalam seporsi cokelat hitam, terkandung sekitar 230-250 kalori yang bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat asal enggak berlebihan.

Berikutnya kamu akan diajak melihat manfaat dari konsumsi cokelat hitam bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

Manfaat Konsumsi Cokelat Hitam untuk Kesehatan

1. Melindungi Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Sejumlah penelitian ilmiah mengungkap manfaat dan kandungan antioksidan pada cokelat hitam.

Senyawa ini bisa membantu melawan paparan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Kerusakan pada sel-sel tubuh bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan kronis, seperti penyakit kanker yang dipicu oleh kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Baca Juga: 5 Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia, Salah Satunya Indonesia