Find Us On Social Media :

Kedaulatan NKRI: Hakikat, Bentuk, dan Teori Kedaulatan, PKN Kelas 9 SMP

Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara yang menentukan jalannya hukum dan kehidupan bernegara.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP kali ini akan masuk ke Bab 3 yaitu Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 3 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 53-59 membahas tentang Hakikat dan Teori Kedaulatan.

Kedaulatan berasal dari bahasa Arab yaitu daulah yang berarti kekuasaan tertinggi untuk membuat undang-undang dan melaksanakannya dengan semua cara yang tersedia.

Oleh karena itu, kedaulatan rakyat membawa konsekuensi tentang rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Kedaulatan rakyat juga dianggap sebagai pemerintah mendapat mandat dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Pemerintahan oleh rakyat mengandung pengertian bahwa pemerintahan yang ada diselenggarakan dan dilakukan oleh rakyat sendiri.

Gaya pemerintahan seperti ini disebut dengan demokrasi berupa pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat.

Keterlibatan rakyat dalam jalannya pemerintah sebagai wujud pelaksanaan kedaulatan rakyat salah satunya lewat pemilihan umum.

Pelaksanaan prinsip kedaulatan rakyat bisa diwujudkan lewat demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan.

Demokrasi langsung adalah bentuk demokrasi yang mengambil bagian pribadi dalam tindakan-tindakan dan pemberian suara untuk membahas dan melakukan pengesahan UU.

Sedangkan, demokrasi perwakilan ketika rakyat memilih warga lain sebagai wakil rakyat yang duduk di lembaga legislatif untuk membahas dan mengesahkan UU.

Baca Juga: 6 Prinsip Kedaulatan Republik Indonesia Menurut UUD 1945, Apa Saja?