Find Us On Social Media :

1 November Peringatan Hari Vegan Sedunia, Gaya Hidup Sehat yang Sudah Dikenal Sejak 500 SM

1 November tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Vegan Sedunia.

GridKids.id - 1 November 2022 hari ini diperingati sebagai Hari Vegan Sedunia.

Vegan adalah sebutan untuk orang yang enggak mengonsumsi daging hewan dan segala jenis makanan olahan yang terbuat dari protein hewani.

Orang yang menerapkan diet vegan menerapkan pola makan bebas daging, produk olahan susu, hingga enggak mengonsumsi telur.

Bahkan ada juga seorang vegan juga menghindari mengenakan berbagai sumber produk yang dibuat dari hewan seperti pakaian hingga kosmetik.

Istilah vegan diciptakan oleh Donald Watson, seorang tukang kayu di Inggris yang mengklaim bahwa gaya hidup vegan bisa menjaga manusia dari bahan makanan hewani yang tercemar penyakit.

Istilah vegan mulai dikenal pada era 90-an, namun sebenarnya istilah atau gaya hidup vegan sudah dikenal sejak 500 tahun sebelum Masehi.

Konsep Vegan pada waktu itu diperkenalkan sebagai tindakan bajik atau terpuji karena manusia menghindari konsumsi daging dari semua spesies.

Konsep ini diperkenalkan oleh seorang filsuf Yunani yaitu Pythagoras dari Samos yang memiliki konsep sejalan dengan yang dijalankan oleh penganut Buddhisme, Hinduisme, dan Jainisme yang menjalankan gaya hidup vegetarianisme.

Kepercayaan vegetarianisme yang dijalankan oleh tiga aliran kepercayaan itu meyakini bahwa gaya hidup yang meyakini bahwa manusia enggak boleh menyebabkan rasa sakit pada hewan lainnya.

Meski berupaya melindungi dan menghindari menyakiti hewan, kepercayaan vegetarianisme masih memperbolehkan pengikutnya untuk mengonsumsi olahan hewan, seperti telur dan susu.

Lalu, apa sajakah manfaat yang bisa diperoleh ketika seseorang menjalani diet atau gaya hidup sebagai seorang vegan?

Baca Juga: 7 Manfaat Jalani Diet Vegan, Tak Sekadar Turunkan Berat Badan