Find Us On Social Media :

4 Manfaat Hobi untuk Atasi Stres, dari Relaksasi Hingga Sosialisasi

Hobi adalah kegiatan yang disukai seseorang dan dimanfaatkan untuk mengekspresikan diri seseorang. Hobi disebut bisa mengatasi stres, kenapa begitu?

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah mengenal tanda-tanda stres yang jarang disadari oleh seseorang.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang pengaruh hobi untuk membantu meredakan stres yang dialami seseorang.

Stres adalah hal yang umum dirasakan seseorang sebagai respon dari berbagai gangguan atau konflik yang dialami seseorang dalam kehidupannya.

Stres harus diatasi dengan cara yang sehat supaya enggak menimbulkan konflik batin berkepanjangan yang bisa mengganggu kestabilan emosi dan mental seseorang.

Salah satu cara sehat untuk mengatasi stres adalah memiliki hobi atau kegemaran yang dilakukan untuk mengalihkan stres atau beban pikiran.

Dilansir dari hellosehat.com, sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Annals of Behavioral Medicine yang terbit pada 2015, ditemukan fakta bahwa 34% orang yang rutin melakukan kegiatan yang disukai enggak merasakan stres.

Hal ini juga membantu detak jantung partisipan yang terlibat riset itu lebih stabil dan tenang selama berjam-jam.

Dari situ disimpulkan bahwa hobi adalah kegiatan yang bisa membantu menjaga perasaan tetap tenang dan stabil selama beberapa waktu.

Orang yang sedang menunjukkan indikasi stres dianjurkan untuk mencari kegiatan atau hobi yang beragam supaya bisa menyalurkan stres dengan cara yang lebih sehat.

Berikut adalah beberapa manfaat hobi untuk mengatasi dan menghilangkan stres, di antaranya:

Manfaat Hobi untuk Menghilangkan Stres

Baca Juga: Tak Hanya Atasi Stres, Berikut 5 Manfaat Mendengarkan Musik yang Baik untuk Mentalmu