Find Us On Social Media :

5 Jenis Makanan Berkarbohidrat yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Sudah Coba?

Plum adalah buah berkarbohidrat yang dapat menurunkan kolesterol.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan berkabohidrat yang ternyata dapat menurunkan kolesterol?Karbohidrat terbagi menjadi dua yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks biasanya bebas gula tambahan dan penuh dengan nutrisi penting serta serat sehat seperti buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Sementara itu, karbohidrat sederhana biasanya terdapat pada makanan yang melalui banyak proses seperti kue kering, permen, roti putih dan minuman tambahan gula. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan makanan yang rendah karbohidrat juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Sejumlah karbohidrat yang baik dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Apa saja itu? Yuk, simak sejumlah makanan berkarbohidrat yang baik untuk menurunkan kolesterol. 1. Apel Apel merupakan sumber alami berbagai polifenol dan serat yang juga dapat mendukung kesehatan jantung.Baca Juga: Inilah 4 Dampak Buruk yang Dirasakan Jika Tak Mengonsumsi Karbohidrat

Apel juga bebas natrium dan bebas lemak jenuh serta menawarkan rasa manis alami. Nutrisi di dalamnya terdapat pektin yang juga ampuh mencegah kolesterol diserap ke dalam aliran darah. 2. Buah Beri Buah beri ternyata juga dapat mengelola kolesterol dalam darah. Makan buah beri secara konsisten dapat bermanfaat menurubkan kolesterol total dan LDL serta meningkatkan kolesterol HDL. Buah ini mengandung serat, vitamin, antioksidan, dan nutrisi lain yang dapat menjaga kesehatan. 3. Buah Plum

Penelitian menunjukkan bahwa makan buah plum sebanyak 5/6 setiap harinya selama 6 bulan dapat memberi hasil yang baik bagi kesehatan kardiovaskular dan juga meningkatkan koleseterol baik.

Selain itu, mengonsumsi buah plum juga dapat menurunkan kadar kolesterol total.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Inilah 3 Hal yang Dirasakan Tubuh Jika Kekurangan Karbohidrat

4. Kentang

Kentang menjadi salah satu sayuran yang mengandung karbohidrat. Setiap porsinya, kentang dapat memberi bahan bakar pada tubuh dan serat larut. Serat larut ini dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah yang bermanfaat menurunkan kolesterol.

Kentang ungu dapat menurunkan kolesterol tambahan karena mengandung antosianin. Antosianin merupakan flavonoid dari grup besar senyawa polifenol dalam tumbuhan yang memberikan warna ungu pada tumbuhan. 5. Kacang Kacang enggak hanya menyefiakan karbohidrat penopang energi, tetapi juga menyediakan protein nabati, serat, antioksidan dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan jantung. Dalam sebuah studi menyimpulkan bahwa memakan 180 gram kacang kaleng setiap hari selama 4 minggu dapat menurunkan kolesterol total dan LDL pada orang dewasa.

Baca Juga: Pengganti Nasi, Kentang Menjadi Sumber Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh

Nah, itu dia beberapa jenis makanan karbohidrat yang ampuh menurunkan kadar kolesterol, salah satunya buah plum. 

 ----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.