GridKids.id - Pemasaran merupakan ujung tombak suatu perusahaan. Pemasaran adalah proses cara memasarkan produk atau barang dagangan kepada konsumen.
Pemasaran juga dikatakan sebagai serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi atau individu untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau jasa kepada pelanggan atau pasar potensial.
Tujuan utama dari pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan sambil menghasilkan keuntungan bagi perusahaan atau individu yang melakukan pemasaran.
Pemasaran melibatkan berbagai strategi dan teknik, termasuk penelitian pasar, pengembangan produk, penetapan harga, distribusi, promosi, dan strategi komunikasi lainnya.
Ada pun satu di antara bentuk pemasaran yang efektif ialah direct marketing atau pemasaran langsung.
Pengertian Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran di mana produsen atau penjual langsung berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.
Ini melibatkan penggunaan berbagai saluran komunikasi, seperti surat langsung, telepon, email, pesan teks, dan media sosial, untuk menyampaikan pesan pemasaran kepada target pasar.
Tujuan dari pemasaran langsung adalah untuk menghasilkan respons langsung dari pelanggan, seperti pembelian, pengujian produk, atau mendaftar layanan.
Dengan demikian, pemasaran langsung memberikan kesempatan untuk mengukur hasil secara langsung dan membangun hubungan pribadi dengan pelanggan.
Jenis-jenis Pemasaran Langsung
Baca Juga: 8 Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Mikro serta Penjelasannya
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar