GridKids.id - Kids, perkembangan zaman telah membawa transformasi besar dalam dunia pemasaran, terutama dengan munculnya digital marketing.
Digital marketing merupakan pemasaran yang dilakukan melalui media digital dengan target pasar tertentu.
Digital marketing juga sering disebut kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui media digital, untuk menjangkau sebanyak mungkin konsumen.
Media digital tersebut melibatkan penggunaan berbagai kanal online seperti situs web, media sosial, email, iklan online, mesin pencari, dan lainnya untuk mencapai tujuan pemasaran seperti peningkatan kesadaran merek, peningkatan penjualan, dan interaksi pelanggan yang lebih baik.
Digital marketing sering kali melibatkan analisis data untuk mengukur efektivitas kampanye dan melakukan penyesuaian berkelanjutan untuk mencapai hasil yang optimal.
Tujuan Digital Marketing
1. Menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat
2. Memperluas pasar dan jangkauan pemasaran
3. Meningkatkan awareness terhadap produk yang dipasarkan
4. Meningkatkan area penjualan produk
5. Meningkatkan relasi atau hubungan perusahaan dengan konsumen atau calon konsumen.
Baca Juga: 6 Kelebihan dan Kekurangan dalam Media Digital, Apa Saja?
Jenis Digital Marketing
Berikut beberapa jenis-jenis digital marketing:
1. Search Engine Marketing (SEM)
SEM melibatkan penggunaan iklan berbayar agar muncul di hasil mesin pencari.
Ini biasanya mencakup iklan bayar per klik (PPC), di mana pengiklan menawar kata kunci untuk menampilkan iklan mereka kepada pengguna yang menelusuri istilah tersebut.
2. Content Marketing
Pemasaran konten berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga dan relevan untuk menarik dan melibatkan audiens target.
Ini dapat mencakup postingan blog, artikel, video, infografis, eBook, dan banyak lagi.
3. Sosial Media Marketing (SMM)
SMM melibatkan promosi merek dan konten di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya.
Ini mencakup upaya media sosial organik (seperti memposting konten dan berinteraksi dengan pengikut) dan iklan media sosial berbayar.
Baca Juga: Mengenal Istilah Afiliasi dalam Dunia Marketing dan Cara Kerjanya
4. Email Marketing
Email marketing melibatkan pengiriman pesan komersial ke sekelompok orang melalui email.
Ini dapat mencakup buletin, penawaran promosi, pembaruan produk, dan banyak lagi.
Kampanye email marketing yang efektif dapat membantu memelihara prospek dan mendorong konversi.
5. Influencer Marketing
Influencer marketing melibatkan kemitraan dengan individu berpengaruh di media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan.
Orang-orang ini, yang dikenal sebagai influencer, memiliki banyak pengikut dan terlibat dalam ceruk tertentu.
Jadi, itulah penjelasan mengenai digital marketing, mulai dari pengertian, tujuan, hingga jenis-jenisnya.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kompas.com,gramedia.com |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar