Find Us On Social Media :

IPS Kelas 9 SMP: Apakah Uang Tunai Masih Diperlukan di Era Sekarang?

Alat pembayaran dibagi menjadi 2 yaitu uang tunai dan non tunai.

GridKids.id - Kids, setelah kita belajar tentang alat pembayaran uang tunai dan non tunai, selanjutnya kita akan menjawab soal pengayaan dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 9 SMP halaman 108.

Sebagaimana kita sudah ketahui perkembangan sistem alat pembayaran saat ini semakin bervariasi.

Tak hanya uang kertas dan uang logam, kini masyarakat juga menggunakan alat pembayaran seperti berbagai macam kartu, cek, aplikasi digital, dan lain sebagainya.

Nah, dengan perkembangan zaman alat pembayaran seperti non tunai atau uang elektronik memang memudahkan melakukan transaksi 

Baik uang tunai dan non tunai masing-masing memilki manfaat dalam kehidupan.

Terlebih penggunaan alat pembayaran non tunai sudah semakin meluas hingga dapat melakukan berbagai jenis transaksi dalam keseharian.

Pertanyaannya, jika penggunaan uang elektronik sudah sedemikian memudahkan, apakah menurutmu kita masih perlu memiliki uang tunai dalam bentuk kertas dan koin?

Jawaban

Menurut saya, uang tunai baik bentuk kertas dan koin harus masih kita perlukan. Mengapa?

1. Meski uang elektronik sering dianggap praktis dalam banyak situasi, namun tak semua orang dapat mengakses ke perangkat elektronik atau rekening bank dan beberapa transaksi masih ada yang memerlukan uang tunai.

Tak hanya itu uang tunai juga dapat menjadi pilihan yang baik dalam situasi darurat atau sistem elektronik mengalami gangguan.

Baca Juga: IPS Kelas 9 SMP: Bagaimana Alat Pembayaran di Era Modern?