Find Us On Social Media :

Apakah Bisa Mencicipi Rasa Makanan dari Warna? Ini Penjelasannya

Warna memainkan peranan sangat penting dalam kehidupan. Warna dapat mempengaruhi bagaimana cara orang berpikir, bertindak, bereaksi, meningkatkan tekanan darah bahkan dapat mempengaruhi nafsu makan

GridKids.id - Kids, mata merupakan alat indra yang terdapat pada manusia yang secara konstan menyesuaikan pada jumlah cahaya yang masuk, memusatkan perhatian pada objek yang dekat dan jauh serta menghasilkan gambaran yang kontinu yang dengan segera di hantarkan pada otak.

Selain menjadi alat indra penglihatan mata juga menjadi bagian penting dari mencicipi dan memahami makanan, lo.

Loh, mata bisa mengetahui mengetahui rasa makanan, kok bisa?

Ya, warna pada makanan diasosiasikan dengan radiasi elektromagnetik dari sebuah rentang panjang gelombang yang terlihat oleh mata manusia.

Selain lidah, indera lain juga dapat mendeteksi rasa makanan dengan melihat penampilan makanan.

Penampilan makanan juga mengubah cara kita merasakannya. 

Karena kita biasanya melihat makanan sebelum memasukkannya ke dalam mulut, namun informasi pertama yang didapat dari otak kita tentang makanan tertentu seringkali datang dari mata.

Kondisi Sinestesia

Pada dasarnya, warna tentu tak bisa dicicipi indra manusia karena terbentuk secara visual yang diproses oleh otak.Dikutip dari laman Wonderopolis, sinestesia adalah kondisi neurologis yang mempengaruhi cara kerja otak dalam memproses informasi. Informasi yang datang akan mempengaruhi banyak indra. Kondisi ini disebut sebagai sinestesia.

Akibatnya, otak memproses lebih lanjut sehingga seseorang bisa mengalami perasaan dua indera atau lebih di saat yang bersamaan.

Baca Juga: 4 Warna Terbaik untuk Cat Kamar Tidur, Salah Satunya Hijau Sage

Melansir dari Scientific American, sejak usia dini kita belajar mengasosiasikan warna dengan rasa. Ketika sesuatu berwarna oranye, kita mengharapkan rasa "oranye".