Find Us On Social Media :

Ciri-Ciri Kolestrol Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Pernah Mengalaminya?

Ada beberapa penyakit yang bisa timbul akibat tingginya kolesterol, seperti jantung, penyumbatan pembuluh darah, dan strok

GridKids.id - Kolestrol tinggi perlu diwaspadai, pasalnya masalah tersebut bisa menyebabkan kesehatan yang serius. 

Kolestrol tinggi biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan yang tinggi lemak hingga kurang berolahraga.

Terkadang, kolesterol tinggi tak menimbulkan gejala apa pun, dan diam-diam bisa menumpuk di arteri atau pembuluh darah.

Penyakit jantung, stroke salah satu penyebab dari kolestrol tinggi oleh karena itu kondisi tersebut tak boleh dianggap biasa.

Gejala kolesterol tinggi penting untuk diketahui, agar ketika keadaan tersebut terjadi bisa segera ditangani dan kadar kolestrol kembali normal.

Kolestrol tinggi adalah kondisi saat kolesterol atau zat lilin seperti lemak dalam darah melampaui batas normal, yaitu sekitar 200 mg/dL. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menuliskan, total kolesterol normal adalah sekitar 150 mg/dL, dengan rincian:

- Kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat: sekitar 100 mg/dL

- Kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik: setidaknya 40 mg/dL pada pria dan 50 mg/dL pada wanita

- Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL.

Ciri-ciri kolesterol biasanya baru mulai dirasakan saat kadar kolesterol tinggi telah menyebabkan masalah atau gangguan lain di dalam tubuh. 

Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan secara rutin untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah. Berikut ciri-ciri kolesterol tinggi: