Find Us On Social Media :

Okulasi: Pengertian, Tujuan, Macam, hingga Cara Proses Penanaman

Okulasi merupakan salah satu teknik perbanyakan secara vegetatif buatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu tanaman

GridKids.id - Teknik perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya diantara melalui okulasi tanaman.

Okulasi atau shield budding merupakan salah satu teknik perbanyakan pada tanaman yang dilakukan secara vegetatif.Hal ini dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu tanaman melalui penempelan sepotong kulit pohon dengan mata tunas, dari batang atas yang ditempelkan pada irisan kulit pohon lain dari batang bawah sehingga dapat tumbuh dan bersatu menjadi individu yang baru.

Petani telah banyak mengembangbiakan teknik okulasi tersebut ke berbagai tanaman.

Untuk melakukan okulasi pada tanaman diperlukan juga ketrampilan khusus supaya tujuan okulasi dapat berhasil.

Jika dibandingkan dengan hasil tanaman melalui dari teknik perbanyakan cangkok dan stek, tanaman okulasi memiliki kualitas yang lebih baik dikarenakan okulasi dapat menggabungkan 2 sifat unggul.

Dari masing-masing bagian tanaman asalnya yang berupa sifat unggul dari batang bawah seperti sistem perakaran yang kuat dan sifat unggul dari tanaman entres yang dapat berupa hasil buah yang lebat.

Tujuan okulasi

Tujuan utama dari melakukan okulasi tanaman adalah:

a. Mendapatkan jenis tanaman baru yang bersifat menguntungkan. Misalnya, kebal dari penyakit ataupun sifat unggul dan positif lainnya dari tanaman biasa.

b. Memperoleh hasil penggabungan dua sifat atau jenis tanaman di induk okulasi.

Baca Juga: Perkembangbiakan Vegetatif Buatan pada Tumbuhan Angiospermae, IPA Kelas 9 SMP

 Manfaat okulasi