Find Us On Social Media :

Tak Hanya Sumber Vitamin D, Inilah 7 Manfaat Sinar Matahari bagi Manusia

Sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh manusia.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa tiap manusia membutuhkan sinar matahari setiap harinya?

Masyarakat yang hidup di wilayah tropis termasuk beruntung karena paparan sinar matahari bisa diperoleh setiap hari, berbeda dengan kawasan iklim lainnya seperti wilayah subtropis atau negara empat musim lainnya.

Sinar matahari menjadi fenomena langka di wilayah-wilayah ini apalagi ketika memasuki musim dingin.

Di negara-negara subtropis akan melalui masa-masa perubahan musim yang nyata dan berkala, hal ini memengaruhi perbedaan suhu yang ekstrem antara musim panas dan musim dinginnya.

Kondisi perubahan suhu yang terus berubah-ubah inilah yang kemudian memengaruhi respon imun tubuh hingga emosional seseorang.

Namun, apa yang terjadi di negara-negara subtropis dengan empat musim ini enggak ditemukan di negara-negara tropis, seperti di Indonesia.

Sinar matahari tetap bisa kita peroleh setiap harinya, dengan cara berjemur di pagi hari.

Dilansir dari laman yankes. kemkes.go.id, sinar matahari menjadi sumber vitamin D alami yang punya peranan penting bagi perbaikan sistem imunitas tubuh.

Namun, meski membawa manfaat bagi imunitas tubuh hanya dengan berjemur saja, kamu tetap perlu memerhatikan waktu berjemur yang tepat untuk bisa memeroleh manfaat kesehatannya.

Jangan berjemur terlalu pagi karena kualitas udara pagi hari dianggap kurang baik akibat banyaknya polutan yang masih mengendap di mana-mana.

Lalu, apa saja sih manfaat sinar matahari bagi kehidupan manusia? Yuk, simak sama-sama penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Peranan Sinar Matahari untuk Kehidupan di Bumi, IPA Kelas 7 SMP Tema 7