Find Us On Social Media :

Gugup dan Cemas Berlebihan Picu Tremor, Begini Tips Mengatasinya #AkuBacaAkuTahu

Tremor umum terjadi ketika seseorang sangat cemas dan gugup dalam sebuah situasi, bagaimana cara mengatasinya?

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mengalami kondisi tremor atau gemetar yang enggak terkendali dan terjadi berulang-ulang tanpa sadar?

Tremor sering timbul ketika seseorang merasa sangat cemas atau gugup dalam situasi tertentu.

Tremor hadir sebagai bentuk pertahanan tubuh terhadap stres sehingga secara otomatis tubuh langsung berada dalam mode "fight or flight".

Dalam kondisi cemas dan gugup maka hormon kortisol atau hormon stres bisa diproduksi dengan enggak terkendali dan menyebabkan detak jantung jadi lebih cepat.

Enggak hanya itu, tekanan darah juga makin tinggi hingga memengaruhi proses pernapasan seseorang yang deru napasnya jadi makin memburu.

Tubuh akan mengirimkan sinyal ke otot-otot sehingga menyebabkan sensasi gemetar dan berkedut yang enggak terkendali.

Nah, jenis tremor yang disebabkan karena kegugupan atau kecemasan berlebihan disebut dengan tremor psikogenik.

Meski enggak membahayakan dan cukup wajar, tremor yang disebabkan karena kondisi mental tertentu bisa menyebabkan dampak atau efek yang serius dan perlu penanganan khusus.

Kondisi mental yang memerlukan perawatan khusus adalah gangguan kecemasan yang gejalanya ditunjukkan dengan munculnya serangan panik atau panic attack.

Tremor yang terjadi terus menerus ketika kamu sedang melakukan kegiatan atau berinteraksi dengan orang lain bisa memicu situasi yang enggak nyaman, nih, Kid.

Dilansir dari laman halodoc.com, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tremor atau tubuh gemetar berlebihan ketika merasa gugup. Apa saja, ya?

Baca Juga: Sering Gugup Bicara di Depan Umum? Ini 4 Metode Public Speaking yang Bisa Dipelajari