Find Us On Social Media :

Kaya Serat dan Gula Alami, Inilah 7 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Buah pir adalah salah satu buah yang kaya kandungan air dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah diajak GridKids membahas beberapa buah yang kaya kandungan air, seperti buah mangga dan buah semangka.

Kali ini kamu akan diajak mengenal manfaat buah kaya kandungan air lainnya, yaitu buah pir.

Buah pir memiliki daging buah yang akan mengingatkanmu dengan daging buah apel tapi lebih kaya kandungan air.

Buah pir sudah lama dibudidayakan di daerah yang punya suhu dingin dan sejarah mencatat bahwa buah yang satu ini sudah banyak dikonsumsi sejak masa pra sejarah.

Dilansir dari laman rimbakita.com, enggak hanya dibudidayakan di Eropa, buah pir juga dibudidayakan di Cina sejak 2.000 SM.

Buah pir tumbuh di pohon yang berukuran sedang dengan pertumbuhannya antara 10-17 meter, tapi beberapa spesiesnya hanya bisa tumbuh sebagai pohon pendek dengan daun yang rimbun.

Daun tanaman pir berbentuk lonjong dan lebar tapi beberapa juga bisa tumbuh dengan daun yang panjang dan langsing.

Pohon pir dikenal kuat bahkan ketika harus berada di suhu -25 hingga - 40 derajat celcius, sedangkan pir yang berdaun hijau hanya tahan terhadap suhu - 15 derajat Celcius.

Kandungan vitamin C dalam 1 buah pir bisa membantu memenuhi 12% kebutuhan vitamin C harian tubuh dan menjaga DNA tetap sehat dan menjaga kesehatan jaringan tubuh hingga melancarkan metabolisme.

Efek laksatif pada buah pir bisa membantu melancarkan proses buang air besar, sedangkan efek diuretik bisa membantu melancarkan urinasi.

Lalu, apa saja manfaat konsumsi buah pir bagi kesehatan tubuh orang yang mengonsumsinya?

Baca Juga: Jaga Imunitas dan Cegah Kanker, Cukup Rutin Makan Buah Kaya Kandungan Air Ini