Find Us On Social Media :

Perwujudan Bela Negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan: Sosial Budaya hingga Pertahanan dan Keamanan

Bela negara adalah salah satu sikap baik yang harusnya dimiliki oleh individu dalam sebuah bangsa yang besar dan tetap solid.

GridKids. id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 6 masih membahas Bela Negara dalam Konteks NKRI.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 6 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 180-181 membahas tentang poin perwujudan bela negara dalam aspek kehidupan masyarakat.

Jika sebelumnya kamu sudah diajak melihat perwujudan bela negara di bidang ideologi, politik dan hukum, hingga ekonomi, kali ini kamu akan diajak belajar tentang aspek sosial budaya dan pertahanan dan keamanan (hankam).

Bela negara adalah sebuah sikap yang baik untuk dimiliki agar sebuah bangsa aman dan terjaga dari ancaman negara atau bangsa lain yang ingin mendominasi.

Nah, berikutnya kamu akan diajak untuk belajar tentang aspek sosial budaya dan aspek pertahanan dan keamanan, seperti apa penjelasan lengkapnya, ya? Yuk, simak sama-sama, Kids.

Perwujudan Bela Negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan

1. Sosial Budaya

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk dengan berbagai suku budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Keberagaman yang dimiliki oleh suku bangsa ini menuntut adanya kesadaran untuk tetap hidup dalam perbedaan dan menjaga hubungan baik satu sama lainnya.

Masyarakat majemuk harus mengembangkan sikap toleransi antar suku bangsa yang berbeda-beda budaya dan tradisi agar enggak memicu konflik atau pertikaian antarsuku.

Selain itu, harus ada kesadaran untuk bersikap empati terhadap apa yang dialami atau dijalani oleh saudara sebangsa dan setanah air yang tertimpa musibah bencana alam.

Baca Juga: Bela Negara: Makna, Fungsi, dan Tujuannya, Materi PKN Kelas 9 SMP