Find Us On Social Media :

6 Pertolongan Pertama pada Vertigo yang Bisa Dilakukan Secara Mandiri di Rumah

Vertigo bukan gejala pusing biasa, ketika ada orang yang mengalaminya biasanya akan sulit untuk beraktivitas seperti biasa.

GridKids.id - Kids, pada artikel pertolongan pertama sebelumnya kamu sudah mengenal langkah penanganan yang tepat untuk orang yang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah.

Kali ini kamu akan kembali diajak melihat pertolongan pertama untuk mengatasi dan menangani vertigo.

Pertolongan pertama untuk vertigo bisa dilakukan ketika kamu enggak bisa menjangkau dokter atau pertolongan medis dalam waktu dekat.

Vertigo berbeda dengan keluhan pusing biasa karena orang yang mengalami vertigo akan merasakan lingkungan atau sekitarnya jadi berputar-putar atau bergerak.

Orang yang mengalami pusing biasa cenderung tetap bisa menjalani aktivitasnya, berbeda dengan orang yang mengalami vertigo karena biasanya akan sulit beraktivitas seperti biasanya.

Vertigo adalah gejala yang bisa muncul tiba-tiba dan disarankan segera berdiam duduk atau berbaring ketika mengalaminya.

Ketika terasa pusing ketika berdiri, kamu bisa mencoba berdiri dengan perlahan supaya mengurangi risiko hilang keseimbangan dan mengalami cedera.

Ketika sedang mengalami vertigo jangan merubah posisi tiba-tiba, pakai tongkat atau berpegangan pada sesuatu agar bisa menopang tubuh supaya enggak terjatuh.

Orang yang mengalami vertigo sebaiknya menghindari cahaya terang, coba berbaring dengan mata tertutup di ruangan gelap supaya tidak memicu gejala vertigo selanjutnya.

Vertigo terbagi jadi dua kategori, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral, vertigo perifer disebabkan oleh masalah di telinga bagian dalam atau saraf vestibular.

Vertigo sentral terjadi ketika ada masalah di otak, khususnya otak kecil yang mengontrol koordinasi gerakan dan keseimbangan.

Baca Juga: Salah satunya Selai Kacang, Ini 6 Makanan yang Dianjurkan untuk Penyandang Vertigo