Find Us On Social Media :

4 Langkah Pertolongan Pertama pada Orang Hipotensi, Pastikan Cukup Minum

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah kondisi ketika tekanan darah tubuh seseorang berada di bawah batas atau ambang normalnya.

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids tentang pertolongan pertama sebelumnya kamu sudah belajar langkah yang tepat untuk menolong orang yang terkena hipotermia.

Pada artikel kali ini kamu akan diajak belajar pertolongan pertama untuk mengatasi atau membantu ketika dirimu atau orang lain sedang mengalami gejala hipotensi.

Pertolongan pertama ini perlu dilakukan supaya bisa mengurangi risiko cedera atau komplikasi yang lebih fatal jika gejala-gejalanya diabaikan.

Hipotensi atau kondisi tekanan darah yang rendah merupakan kondisi ketika tekanan darah dalam pembuluh arteri lebih rendah dibandingkan batas normalnya.

Tekanan darah bisa terjadi ketika darah mengalir dan memberi tekanan pada dinding arteri, nah tekanan darah ini bisa digunakan sebagai ukuran dari kekuatan aliran darah.

Dilansir dari halodoc.com, tekanan darah normal berkisar antara 90/60 sampan <120/80, jika tekanan darah seseorang rendah maka dianggap bisa membahayakan pengidapnya.

Ketika tekanan darah rendah biasanya aliran darah akan terhambat untuk menuju ke organ-organ vital seperti otak dan ginjal.

Orang yang memiliki tekanan darah rendah biasanya akan menunjukkan gejala seperti lemas, mual, pandangan buram, napas yang berubah pendek hingga pingsan.

Kondisi hipotensi bisa dipicu oleh beberapa kondisi seperti proses pengobatan suatu penyakit atau kondisi cuaca yang terlalu panas.

Hipotensi bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi suplemen zat besi bagi orang yang sering mengalami mimisan.

Lalu, langkah pertolongan pertama apa sajakah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi hipotensi ini?

Baca Juga: 7 Makanan untuk Atasi Tekanan Darah Rendah, dari Lemon Hingga Telur