Find Us On Social Media :

Tak Hanya Batasi Gula, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Cegah Risiko Diabetes Tipe 2

Menjaga pola makan dengan nutrisi seimbang bisa mengurangi risiko penyakit diabetes.

GridKids.id - Kids, salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia adalah diabetes atau gula darah.

Penyakit diabetes berkaitan erat dengan pola konsumsi orang Indonesia yang tinggi karbohidrat karena menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya.

Meski memang ada faktor lain yang bisa memicu kondisi ini, mulai dari gaya hidup yang enggak sehat hingga faktor genetik atau keturunan.

Ada dua tipe diabetes yang bisa dialami seseorang, yaitu tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 merupakan diabetes yang dimiliki seseorang karena faktor keturunan sehingga akan sulit dilakukan pencegahan.

Sedangkan diabetes tipe 2 adalah diabetes yang dialami seseorang karena gaya hidup yang enggak sehat dan masih bisa dicegah dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat agar gula darah tetap normal.

Dilansir dari hellosehat.com, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes tipe 2 atau diabetes melitus, di antaranya:

Kebiasaan Hidup yang Bisa Diterapkan untuk Cegah Diabetes

1. Jaga Berat Badan

Berat badan ideal adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes, karena obesitas adalah salah satu faktor utama pemicu diabetes.

Obesitas akan mengganggu kerja metabolisme tubuh sehingga membuat sel-sel dalam tubuh enggak bisa merespon insulin dengan baik.

Baca Juga: 5 Tanda dan Gelaja Obesitas pada Tubuh yang Perlu Diketahui Sejak Dini