Find Us On Social Media :

7 Ciri-Ciri Demokrasi Pancasila, Salah Satunya Penegakan HAM

Demokrasi Pancasila yang diterapkan pada dua era pemerintahan berbeda, menekankan bahwa Pancasila sejati adalah suara rakyat.

GridKids.id - Pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak mengenal landasan pokok dari penyelenggaraan demokrasi pancasila di Indonesia.

Demokrasi Pancasila merupakan salah satu sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia sejak era Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, hingga pemerintahan berganti ke era reformasi.

Demokrasi Pancasila era Orde Baru menekankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang teguh dan patuh pada Pancasila dan UUD 1945.

Namun, pada pelaksanaannya terdapat berbagai macam penyimpangan Pancasila pada era pemerintah Orde Baru di bawah Presiden Soeharto.

Kondisi ini terus terjadi hingga Presiden Soeharto diminta turun dari jabatannya dan era pemerintahan beralih ke era reformasi.

Demokrasi Pancasila tetap dipergunakan sebagai nama sistem demokrasi negara Indonesia dengan bentuk berbeda dari era pemerintahan sebelumnya.

Nilai-nilai pancasila dipegang teguh dan diterapkan dalam penyelenggaraan negara enggak hanya secara tekstual tapi juga secara real atau nyata.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari demokrasi pancasila yang menjadikan pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara, di antaranya:

Ciri-Ciri Demokrasi Pancasila

1. Kedaulatan Penuh di Tangan Rakyat

Demokrasi Pancasila menempatkan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam jalannya pemerintahan negara.

Baca Juga: Apa Itu Demokrasi Pancasila? Ini Pengertiannya Menurut Para Ahli