Find Us On Social Media :

10 Peristiwa Penting Perlawanan Rakyat Terhadap Masuknya Pengaruh Bangsa Barat di Nusantara

Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro yang dilukis oleh Raden Saleh.

GridKids.id - Kids, pada artikel pengetahuan umum sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tentang peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan Imperialisme dan Kolonialisme di nusantara.

Nah, pada artikel ini kamu akan diajak melihat berbagai perlawanan kerajaan-kerajaan lokal melawan Imperialisme bangsa Barat dan tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya.

Sekarang simak berbagai peristiwa penting perlawanan rakyat terhadap masuknya pengaruh bangsa barat di Nusantara.

Perlawanan maupun pemberontakan ini muncul karena perasaan tak suka maupun terusik yang dirasakan kerajaan-kerajaan lokal akibat campur tangan bangsa Barat dalam jalannya di berbagai bidang kehidupannya.

Aksi-aksi heroik ini menunjukkan bahwa sejak lama Indonesia merupakan bangsa besar yang enggak bisa dengan begitu mudah ditaklukan oleh kekuatan asing.

Berikut ini adalah daftar peristiwa penting perlawanan bangsa Indonesia di berbagai daerah terhadap imperialisme bangsa Barat yang coba menancapkan kekuasaannya di nusantara.

Yuk, simak sama-sama uraian lengkapnya dibawah ini, Kids.

Peristiwa-Peristiwa Penting Perlawanan terhadap Imperialisme

1. Perlawanan Sultan Hasanuddin (1633-1666)

Tokoh utamanya adalah Sultan Hasanuddin, dengan daerah perlawanannya mencakup Makassar, Gowa, dan Tallo.

Sultan Hasanuddin berhasil dikalahkan oleh Belanda yang bekerja sama dengan Raja Bone, Arupalaka. Kekalahan Sultan Hasanuddin ditandai dengan ditandanganinya Perjanjian Bongaya.

Baca Juga: Materi Kelas 4 SD Tema 5, Upaya Sultan Hasanuddin dalam Melawan Penjajahan