Find Us On Social Media :

5 Asupan Makanan yang Sebaiknya Dihindari Pasien Jantung, Salah Satunya Makanan Asin

Junk food adalah salah satu asupan makanan yang sebaiknya enggak dikonsumsi pasien jantung.

GridKids.id - Salah satu penyakit yang dikenal sebagai silent killer di dunia adalah penyakit jantung.

Gangguan kesehatan organ kardiovaskuler ini perlu memeroleh perawatan intensif untuk mengurangi risiko komplikasi yang fatal.

Penyakit jantung enggak bisa disembuhkan tapi gejalanya bisa dikendalikan dengan melakukan pengobatan.

Pasiennya harus rutin minum obat dan menjaga pola makan dengan menjaga asupan makanan dan minuman yang aman untuk dikonsumsi.

Pasien jantung harus meningkatkan berbagai asupan menyehatkan seperti konsumsi buah dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, hingga ikan yang kaya kandungan Omega-3.

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh pasien jantung supaya proses pengobatan yang dilakukan bisa berjalan lancar, di antaranya:

1. Daging Olahan

Konsumsi protein hewani adalah asupan yang baik untuk kesehatan jantung.

Namun, enggak disarankan untuk mengonsumsi daging olahan yang sudah memeroleh tambahan bahan pengawet yang tinggi kandungan garam.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu, Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Pasien jantung disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung garam karena bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah dan mengurangi aliran darah yang membawa oksigen ke jantung.

Tekanan darah yang tinggi akan membuat jantung bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika terus terjadi, kondisi ini bisa merusak pembuluh arteri dan menyebabkan serangan jantung hingga stroke.