Find Us On Social Media :

Mudah Dilakukan, Tetap Sehat Fisik dan Mental Selama Pandemi Ala WHO

Ilustrasi melindungi diri dan keluarga dari paparan virus Omicron yang sangat menular.

GridKids.id - Kids, pandemi masih belum berakhir dan kemunculan varian atau subvarian baru COVID-19 masih menjadi sumber kekhawatiran publik beberapa waktu belakangan.

Masyarakat dihimbau tetap berusaha sebaik mungkin untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan protokol kesehatan ketika diharuskan beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, diberlakukan juga pembatasan aktivitas masyarakat yang membuat sebagian besar dari mereka harus membatasi kegiatan di luar rumah.

Hal ini secara enggak langsung mendorong berkurangnya aktivitas gerak tubuh seperti ketika kegiatan di luar rumah belum dibatasi.

Dilansir dari kompas.com, World Health Organization (WHO) menyarankan beberapa tips tetap sehat selama pandemi COVID-19 ini, di antaranya:

1. Tetap melakukan aktivitas fisik

Penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yaitu 5M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan melakukan vaksinasi) dianjurkan untuk mengurangi risiko penularan virus COVID-19.

Selain itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tetap menganjurkan masyarakat melakukan aktivitas fisik selama pandemi berlangsung.

Lewat Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Kemenkes menganjurkan masyarakat melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya.

Baca Juga: Efektif untuk Meredakan Gangguan Kecemasan, Coba Lakukan Olahraga Ringan Ini

Hal serupa juga menjadi anjuran WHO lewat program WHO'S Be Active, yaitu sebuah program yang menganjurkan masyarakat untuk bergerak atau melakukan aktivitas fisik ringan selama 3-4 menit, dengan berjalan kaki atau melakukan peregangan (stretching).