Find Us On Social Media :

5 Khasiat Konsumsi Kentang Rebus dengan Kulitnya yang Baik untuk Pencernaan

Ilustrasi kentang yang direbus bersama kulitnya.

GridKids.id - Kids, siapa di antara kamu yang suka makan kentang, nih?

Biasanya orang-orang menggemari olahan kentang yang karena rasanya yang lezat dan cukup mengenyangkan.

Jika kamu terbiasa mengonsumsi kentang goreng sebagai camilan, enggak ada salahnya mencoba membuat varian kentang rebus yang enggak kalah lezat dan pastinya lebih sehat.

Kentang rebus adalah sumber karbohidrat yang menyehatkan, asal enggak ditambah dengan bahan tinggi lemak seperti mentega, krim, dan keju.

Kentang memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, tiamin, dan niacin. Niacin adalah vitamin yang akan tetap stabil dan enggak langsung hilang meski kentang diolah dengan cara direbus. Namun, beberapa bagian vitamin C, B6, dan tiamin akan hilang selama proses pemasakan.

Salah satu cara supaya enggak terlalu banyak vitamin atau nutrisi dalam kentang yang hilang adalah dengan merebusnya tanpa mengupas kulitnya.

Dilansir dari sehatq.com, Organisasi Pertanian dan Makanan di PBB, menyebut bahwa merebus kentang dengan mengupas kulit bisa menghilangkan 40% vitamin C, sedangkan kentang yang direbus bersama kulitnya hanya menghilangkan 30% kandungan vitamin C.

Sedangkan kentang yang direbus dengan kulitnya akan kehilangan sebanyak 2% vitamin B6 dan 23% tiamin.

Sehingga bisa dipastikan jika kentang yang direbus dengan dikupas kulitnya akan kehilangan lebih banyak vitamin B6 dan tiamin.

Baca Juga: Salah Satunya Rebus Bersama Kulit, Ini Cara Merebus Kentang agar Nutrisinya Terjaga

Berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi kentang rebus bersama kulitnya, di antaranya:

1. Melancarkan pencernaan