Find Us On Social Media :

Atasi Hidung Tersumbat, Ketahui 6 Khasiat Konsumsi Lada untuk Kesehatan Tubuh

Bulir-bulir lada atau merica utuh.

GridKids.id - Kids, Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki kekayaan rempah-rempah tradisional, salah satunya adalah lada atau merica.

Rempah yang memiliki nama ilmiah Piper nigrum ini adalah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati.

Lada adalah rempah yang memiliki rasa sedikit pahit, menimbulkan sensasi hangat dan juga pedas.

Rempah ini banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan yang ada di dunia, inilah yang membuat lada menjadi komoditi perdagangan dunia sehingga memperoleh julukan sebagai King of Spice.

Lada umumnya berbunga dua kali setahun dan sebelum musim penghujan. Biji lada awalnya berwarna hijau dan akan berubah menjadi warna merah dengan kulit mengkerut ketika masak nantinya.

Jika sudah begitu, tandanya lada sudah siap dioleh menjadi bumbu masak yang layak digunakan dan dikonsumsi.

Lada terbagi menjadi dua jenis, yaitu lada hitam dan lada putih. Lada hitam terbuat dari buah lada yang mentah, sedangkan lada putih berasal dari buah lada yang matang.

Lada banyak digunakan dalam masakan Indonesia atau masakan oriental dengan cita rasa pedas. Penambahan lada pada masakan biasanya bertujuan untuk menambahkan sensasi pedas dan sedap.

Lada perlu dihaluskan terlebih dulu sebelum ditambahkan pada masakan yang sedang diolah atau dimasak.

Baca Juga: Bikin Bangga! Wilayah di Indonesia Ini Ternyata Menjadi Penghasil Lada Putih Terbesar di Dunia

Khasiat Konsumsi Lada untuk Kesehatan