Find Us On Social Media :

Banyak Digemari Anak-Anak, 3 Jenis Makanan Ini Justru Bisa Menurunkan IQ Dalam Hitungan Hari

Ilustrasi seorang anak sedang makan pizza.

GridKids.id - Kids, ketika bicara tentang makanan kamu enggak bisa melupakan fakta bahwa menyantap makanan enak bisa mempengaruhi mood atau suasana hatimu menjadi lebih baik.

Tapi, tahukah kamu bahwa beberapa makanan enak yang kamu gemari bisa membawa pengaruh pada tingkat kecerdasan atau IQ-mu?

Tingkat kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti genetika, lingkungan tempat tinggal, hingga asupan makanan.

Hal ini berkaitan dengan kesehatan saluran pencernaan yang juga berkaitan dengan kesehatan otak seseorang.

Dilansir dari kompas.com, studi terbaru mengungkap bahwa makanan yang mengandung lemak jahat bisa berdampak pada penurunan tingkat IQ dalam jangka waktu 9 hari.

Selain itu, bisa juga terjadi penurunan fungsi kognitif sebanyak 20% sejak seseorang mengonsumsi jenis-jenis makanan ini.

Studi tersebut memantau tikus sebagai binatang eksperimennya dengan memberikan hewan tersebut asupan junk food yang banyak dikonsumsi manusia.

Dalam waktu 9 hari tikus-tikus itu mulai kehilangan kemampuan kognitifnya, tak hanya itu para tikus percobaan juga mulai kehilangan stamina fisik hingga setengah dari kemampuan biasanya.

Hewan-hewan ini mulai berlari dengan lebih lambat di treadmill dan melakukan beberapa kesalahan dalam mengenali jalur dalam labirin yang biasanya mereka lalui.

Baca Juga: Dianggap Hilangkan Sedih, Benarkah Comfort Food Bisa Bahaya untuk Kesehatan?

Hal ini menunjukkan bahwa junk food berdampak sangat signifikan pada hewan-hewan percobaan yang mengonsumsinya.