Find Us On Social Media :

Murah dan Mudah Ditemui, 5 Makanan Ini Ternyata Ampuh Redakan Sakit Perut

Pisang menjadi salah satu makanan yang dapat meredakan sakit perut.

GridKids.id - Sakit perut merupakan salah satu penyakit yang umum dirasakan dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Biasanya sakit perut disebabkan karena makan makanan yang terlalu pedas, telat makan hingga masuk angin. Bahkan ada beberapa di antaranya sakit perut yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti radang usus. Namun kamu enggak perlu khawatir lagi karena ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat meredakan sakit perut. Apa saja makanan dan minuman yang bisa meredakan sakit perut? Yuk, kita simak di sini!

1. Pisang Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung kalium dan elektrolit. Elektrolit adalah mineral yang hilang dari tubuh saat sakit perut yang diikuti oleh diare dan muntah. Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga membuatnya jadi mudah untuk dicerna.

Baca Juga: Bantu Redakan Sakit Perut dengan 5 Jenis Makanan Ini, Apa Saja?

2. Mineral Ada beberapa cairan yang dapat membantu untuk meredakan jenis-jenis sakit perut. Orang yang mengalami sakit perut yang diikuti oleh diare dan muntah, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi cairan elektrolit.

Adapun beberapa cairan yang direkomendasi untuk dikonsumsi yaitu air mineral, sari buah  teh herbal dan minuman elektrolit. Meminum cairan sangat penting bagi seseorang yang mengalami sakit perut karena sembelit. Cairan ini akan membantu melunakkan tinja sehingga memudahkannya untuk melewati usus dengan lebih mudah. 3. Jahe

Jahe bersifat antiinflamasi yang bisa meredakan sakit perut karena penyakit inflamasi usus. Jahe juga dapat dikonsumsi sebagai obat untuk meredakan sakit perut dengan cara diseduh seperti teh.

Baca Juga: Alami Sakit Perut Setelah Makan? Bisa Jadi Penyebabnya Karena 5 Hal Ini

Jahe juga bahkan digunakan sebagai obat alami untuk mabuk perjalanan dan mengurangi intensitas gejala mual. 4. Apel Apel mengandung antioksidan yang disebut sebagai polifenol. Polifenol membantu meringankan peradangan yang terkait dengan inflamasi usus. Selain itu, makanan yang mengandung polifenol juga membantu untuk: - Mengatur respons kekebalan seseorang sehungga dapat mengendalikan peradangan. - Dapat melindungi lapisan usus dari kerusakan. - Meningkatkan mikrobioma usus yang hidup dalam saluran pencernaan. 5. Pepaya

Baca Juga: Tak Hanya Diare, Ketahui 6 Gangguan Kesehatan Lain yang Menyebabkan Sakit Perut

Pepaya merupakan buah yang secara alami dapat meredakan sakit perut karena gangguan pencernaan. Pepaya juga mengandung papain yaitu enzim kuat yang dapat memecah protein dalam makanan yang masuk ke perut sehingga akan mudah dicerna dan diserap. Konsentrat yang terkandung dalam pepaya dapat membantu mengurangi sakit perut karena sembelit dan kembung pada orang dewasa. Biji pepaya juga dapat diminum untuk menghilangkan parasit usus yang hidup dan menyebabkan ketidaknyamanan perut yang parah dan kekurangan gizi. Nah, itu dia beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat mengatasi sakit perut, salah satunya buah pisang.

Baca Juga: Perut Sering Mulas saat Udara Dingin? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

 -----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.