Find Us On Social Media :

Seberapa Penting Mencapai Tahapan Deep Sleep saat Tidur di Malam Hari? Ini Penjelasannya

Ilustrasi tidur nyenyak.

GridKids.id - Kids, mungkin kamu sudah tahu kalau setiap harinya seseorang perlu waktu tidur yang cukup.

Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, seseorang bisa terbangun keesokan harinya dengan lebih segar dan bugar setiap harinya.

Enggak hanya cukup tidur, kamu juga perlu punya tidur yang nyenyak supaya badan bisa lebih segar dan lebih berenergi untuk beraktivitas keesokan harinya.

Salah satu faktor penting yang menentukan kualitas tidur adalah siklus tidur (sleep cycle). Nah, salah satu tahapan tidur yang penting untuk memeroleh kualitas tidur yang baik adalah tahapan tidur deep sleep.

Deep sleep adalah tahap ketiga dalam satu siklus tidur REM (Rapid Eye Movement), yaitu tahapan tidur ayam (tahap 1 non-REM), mulai tidur nyenyak (tahap 2 non-REM), deep sleep (tahap 3 non-REM). 

Deep sleep terjadi ketika gelombang otak dalam keadaan paling lambat ketika kamu tidur. Tahapan ini juga dikenal dengan tahapan slow-wave sleep.

Pada tahapan ini, biasanya detak jantung, kecepatan napas, dan gelombang aktivitas otak akan berkurang sampai titik terendah dan ototmu akan ada dalam kondisi yang sangat rileks.

Tahapan deep sleep sangat penting untuk proses metabolisme tubuh dan memengaruhi proses pertumbuhan.

Tahapan ini juga penting untuk membantu memproses ingatan-ingatan baru dalam otak, inilah yang menyebabkan orang yang mengalami insomnia bisa mengalami gangguan memori.

Baca Juga: Tidur dengan Selimut Tebal Baik untuk Kesehatan Mental? Begini Penjelasannya

Manfaat Deep Sleep