Find Us On Social Media :

Penuh Filosofi, Inilah 4 Jenis Pakaian Adat Betawi dan Keunikannya

Pentas ondel-ondel di daerah Glodok, Jakarta Barat, Indonesia.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah diajak mengenal pakaian tradisional sehari-hari dari Betawi yaitu kebaya encim dan baju sadariah.

Kali ini, kamu diajak untuk mengenal berbagai jenis pakaian tradisional Betawi lainnya yang dikenakan dalam berbagai acara adat seperti pernikahan dan acara resmi lainnya.

Daerah Khusus Ibukota Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia yang menjadi tempat pertemuan berbagai kebudayaan pendatang dengan kebudayaan asli Betawi.

Keberagaman budaya yang memiliki sentuhan budaya Tionghoa, India, dan Arab tercermin salah satunya dari pakaian adat dan beragam ornamen pendampingnya.

Baca Juga: Wujud Keragaman Budaya dan Suku di Indonesia, Materi Kelas 4 SD Tema 6

Biasanya pada peringatan hari jadi DKI Jakarta yang jatuh setiap 22 Juni, akan diselenggarakan Pekan Raya Jakarta yang meriah dengan berbagai pakaian adat yang ditampilkan di sana.

Selain itu, ketika peringatan dirgahayu Jakarta pakaian adat Betawi seperti baju demang atau kebaya encim, juga dikenakan oleh para pembawa acara di televisi atau para petugas pelayanan publik yang bertugas di hari kerjanya.