GridKids.id - Iklan adalah suatu bentuk komunikasi yang disampaikan dengan tujuan mempromosikan produk, layanan, atau ide agar dikenal oleh khalayak dan mendorong mereka untuk bertindak, seperti membeli atau menggunakan produk tersebut.
Iklan memiliki peranan yang penting dalam pemasaran dan promosi.
Iklan dapat membuat masyarakat mengenal sebuah produk secara spesifik.
Dengan begitu, keuntungan dari sebuah penjualan akan lebih meningkat karena telah berhasil meraih perhatian masyarakat.
Umumnya, iklan disampaikan melalui beberapa media, seperti radio, televisi hingga media online.
Tujuan iklan yang paling utama adalah memperkenalkan, meningkatkan kesadaran, minat, hingga niat beli konsumen.
Fungsi Iklan
Salah satu fungsi iklan yaitu sebagai pengingat atau reminder kepada konsumen atau pembeli tentang keberadaan suatu produk atau layanan, membantu, mempertahankan kesadaran mereka terhadap merek tersebut.
Lalu, apa artinya fungsi iklan sebagai reminder?
Melansir Kompas.com, fungsi iklan sebagai reminder adalah iklan yang mengingatkan kepada konsumen atau pembeli akan suatu produk atau jasa yang pernah dibeli mereka.
Iklan reminder berusaha mengingatkan kembali konsumen untuk membeli kembali produk atau jasa yang sedang diiklan.
Baca Juga: Apa Itu Iklan? Ini Pengertian, Bahasa, dan Unsur-unsurnya
Dengan demikian, konsumen atau pelanggan akan menyimpan sesuatu dari iklannya, seperti nama produk, harga, slogan, dan ciri khususnya.
Karena tujuannya untuk mengingatkan pelanggan, mereka pun ketika ditanya akan langsung mengingat produk atau mereknya.
Tujuan Iklan sebagai Reminder
Iklan sebagai reminder memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai disebuah perusahaan. Berikut uraiannya:
1. Memberi Kesadaran Kepada Konsumen
Tujuan yang pertama memberi kesadaran kepada konsumen akan keberadaan produk.
Biasanya iklan ini diingatkan kembali pada saat waktu-waktu tertentu. Misalnya, iklan sirup yang muncul di bulan ramadan.
2. Meningkatkan Penjualan
Dimunculkan kembali iklan reminder diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan.
Hal tersebut sejalan dengan produk atau jasa yang terus menerus ditampilkan.
Namun, penjualan bisa meningkat jika disertai dengan kualitas produk juga kebijakan harga.
Baca Juga: Apa Saja Unsur yang Digunakan dalam Iklan Media Cetak? Kelas 5 SD
3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Dengan adanya iklan reminder diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen kepada perusahaan.
Bila iklan terus menerus diingatkan, otomatis konsumen berpikir kalau produk ini mampu bertahan.
Jadi, itulah penjelasan mengenai pengertian iklan sebagai reminder.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar