GridKids.id - Iklan adalah suatu bentuk komunikasi yang disampaikan dengan tujuan mempromosikan produk, layanan, atau ide agar dikenal oleh khalayak dan mendorong mereka untuk bertindak, seperti membeli atau menggunakan produk tersebut.
Iklan memiliki peranan yang penting dalam pemasaran dan promosi.
Iklan dapat membuat masyarakat mengenal sebuah produk secara spesifik.
Dengan begitu, keuntungan dari sebuah penjualan akan lebih meningkat karena telah berhasil meraih perhatian masyarakat.
Umumnya, iklan disampaikan melalui beberapa media, seperti radio, televisi hingga media online.
Tujuan iklan yang paling utama adalah memperkenalkan, meningkatkan kesadaran, minat, hingga niat beli konsumen.
Fungsi Iklan
Salah satu fungsi iklan yaitu sebagai pengingat atau reminder kepada konsumen atau pembeli tentang keberadaan suatu produk atau layanan, membantu, mempertahankan kesadaran mereka terhadap merek tersebut.
Lalu, apa artinya fungsi iklan sebagai reminder?
Melansir Kompas.com, fungsi iklan sebagai reminder adalah iklan yang mengingatkan kepada konsumen atau pembeli akan suatu produk atau jasa yang pernah dibeli mereka.
Iklan reminder berusaha mengingatkan kembali konsumen untuk membeli kembali produk atau jasa yang sedang diiklan.
Baca Juga: Apa Itu Iklan? Ini Pengertian, Bahasa, dan Unsur-unsurnya
Dengan demikian, konsumen atau pelanggan akan menyimpan sesuatu dari iklannya, seperti nama produk, harga, slogan, dan ciri khususnya.
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar