GridKids.id - Setelah mempelajari materi Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda, selanjutnya kita diminta menjawab uji kompetensi dalam materi PPKN kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka halaman 96.
Sebagaimana diketahui, Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia untuk menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan negara asing.
Sumpah Pemuda tercetus pada 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).
Sumpah Pemuda tercipta dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928.
Peristiwa Sumpah Pemuda mengajarkan kita akan semangat juang para pemuda dalam menyatukan bangsa Indonesia, sehingga dapat menjadi motivasi untuk para pemuda masa kini dalam membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik.
Nah, dalam uji kompetensi ini merujuk pada soal Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda namun diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Uji Kompetensi dan Jawaban
Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.
1. Pada sebuah sekolah terdapat organisasi siswa OSIS, MPK, PMR, dan Pramuka.
Suatu hari, organisasi-organisasi sekolah mengadakan rapat kerja bersama.
Setiap organisasi menyampaikan program kerjanya masing-masing.
Baca Juga: Materi PPKN Kelas 8 SMP: 3 Kontribusi Sumpah Pemuda di Era Reformasi
Ternyata didapati tumpang tindih program kerja antara organisasi-organisasi tersebut.
Namun, setiap organisasi bersikukuh tidak mau mengurangi, apalagi menghilangkan program kerjanya. Rapat kerja pun deadlock (terkunci).
Bila kalian dimintai pendapat, bagaimana pendapat kalian sebagai solusi dan titik temu dari persoalan di atas?
Jawaban :
Kita harus menunjuk seorang mediator yang bukan sebagai anggota dari organisasi yang sedang melakukan rapat (berkedudukan netral) ambil contoh kita mengundang siswa dan guru untuk menjadi mediator.
Tugas dari mediator disini adalah pasif tidak ikut campur diskusi dan sebagai sosok penilai yang memakai sistim eliminasi di mana program kerja yang tidak penting atau tidak berguna akan dibuang.
Dalam hal ini pasti akan selalu ada sisi kontra dengan keputusan mediator, maka sosok dari seorang guru sebagai mediator yang paling dewasa harus dapat memberikan pengertian tentang keputusan.
Selain itu, bisa juga menggunakan cara mengeliminasi program kerja yang tumbang tindih namun kegiatan atau tujuan yang sama maka bisa di gabung/kolaborasi antar organisasi agar bisa berjalan dengan baik dan tanpa mengurangi program kerjanya.
Dengan begitu program kerja dari berbagai organisasi dapat tercapai dengan bersama dan tanpa mengurangi program kerja salah satu organisasi.
Gabungan antar organisasi dalam menjalankan program kerjanya dapat menambah kekompakan dan keberhasilan dalam menjalankan program kerjanya.
2. Ketua RW mengadakan program pengaspalan jalan warga atas bantuan pencairan dana desa. Pengaspalan meliputi lima RT.
Baca Juga: Materi PPKN Kelas 8: Nilai Sumpah Pemuda dalam Kehidupan Sehari-hari
Semua warga perwakilan RT datang bergotong-royong dan bekerja sama membersihkan jalanan yang akan diaspal.
Hanya, ada satu RT yang tidak ada perwakilan warganya. Usai pengaspalan selesai, ketua RT yang tidak mengirimkan perwakilan warganya tersebut, menyampaikan protes karena pengaspalan di wilayah RT-nya kurang rapi, tidak seperti RT-RT lainnya.
Jika kalian menjadi Ketua RW, bagaimana cara kalian menyelesaikan persoalan di atas?
Jawaban:
Sebelum melakukan pengaspalan, seharusnya ketua RT tersebut diperingatkan kembali agar mangikuti bersih-bersih sebelum program pengaspalan jalan.
Jika sekiranya masih tidak mau ikut atau mengirim warganya, maka pihak RW berusaha mengatakan bahwa tidak ada pengerjaan yang sempurna.
Kekurangan warga juga dapat memengaruhi pekerjaan yang dilakukan.
Selain itu, kita juga perlu mengingatkan kepadanya bahwa rasa menghargai, menghormati, dan terima kasih perlu diutamakan daripada hanya sekadar mengeluh, mengingat semua RT sudah bekerja keras selain dirinya.
Tentunya, hal tersebut disampaikan secara baik-baik.
3. Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia di bawah Kanada. Panjangnya mencapai 99.093 kilometer.
Namun, faktanya Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam.
Baca Juga: Sejarah Lahirnya Hari Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda
Menurut analisis kalian, apa faktor yang menyebabkan Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam? Sebagai generasi muda, apa pemikiran yang kalian tawarkan untuk mengatasi gap antara produksi dan kebutuhan konsumsi garam?
Jawaban :
Indonesia menjadi pengimpor garam yakni salah satu alasannya karena belum banyak masyarakat Indonesia yang bisa mengolah air laut menjadi garam atau bisa dikatakan sedikit petani garam.
Padahal permintaan di pasar terus melambung tinggi.
Selain itu, cuaca juga dapat menjadi faktor penyebab produksi garam tidak maksimal. Hal ini juga berkaitan dengan belum banyaknya teknologi untuk memproduksi garam tersebut.
Pasalnya, masyarakat Indonesia masih banyak memproduksi garam dengan manual yakni memanfaatkan cahaya matahari.
Hal ini berpengaruh saat curah hujan sedang tinggi.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar