GridKids.id - Kinerja merujuk pada hasil karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai yang diberikannya.
Hasil kinerja juga sebagai bahan evaluasi menggali potensi karyawan.
Pengertian Kinerja
Kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya.
Secara singkat, pengertian kinerja menurut KBBI ialah sesuatu yang dicapai; prestasi yang diperlihatkan; atau kemampuan kerja (tentang peralatan).
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Pegawai
Dalam prosesnya, pekerja mempunyai faktor-faktor yang akan memengaruhi kualitas kinerjanya, yaitu:
Faktor Ekternal Organisasi
Dalam faktor eksternal organisasi terdapat faktor-faktor yang memengaruhi kinerja, yaitu:
Kondisi ekonomi
Kondisi ekonomi negara yang memburuk dengan inflansi yang meningkat dapat mengakibatkan harga barang dan jasa yang meningkat.
Baca Juga: Pengertian Sistem Upah yang Berlaku di Indonesia dan Jenis-jenisnya
Hal tersebut membuat upah pegawai tak naik sehingga daya beli mereka menurun.
Karena hal tersebut, pegawai menuntut pegusaha untuk menaikkan upah, sementara pengusaha tidak mampu mengabulkan permintaan.
Hal ini menyebabkan terjadinya perselisihan antara pegawai dan pengusaha yang berdampak pada menurunnya kinerja pegawai.
Kondisi politik
Kehidupan politik yang tidak stabil dapat mempengaruhi kinerja pegawai.
Sebagai contoh, suatu negara yang sering mengalami konflik, bahkan sampai menimbulkan perang, dapat mengakibatkan turunnya kinerja pegawai karena rasa takut, hilangnya konsentrasi dalam bekerja.
Latar belakang sosial budaya masyarakat
Latar belakang sosial budaya masyarakat juga turut serta memengaruhi kinerja pegawai.
Sebagai contoh, di era modern seperti ini, masih banyak masyarakat yang menganut cara berpikir tradisional yang menghambat produktivitas.
Kompetitor
Kompetitor atau pesaing dapat memacu kinerja diri pegawai untuk menjadi lebih baik, lebih tinggi, lebih sukses dari yang lain, khususnya pesaing.
Baca Juga: Pengertian Upah Minimum dan Alur Kerja serta Mekanisme Penetapan
Dengan kata lain seorang pegawai tak menginginkan pesaingnya lebih sukses dari dirinya.
Faktor Internal Organisasi
Berikut faktor internal organisasi yang memengaruhi kinerja, yaitu:
- Visi dan misi organisasi
- Manajemen kepegawaian
- Kompensasi
- Hubungan industrial
- Budaya organisasi I
- klim organisasi
- Kepemimpinan
- Tim kerja
- Teknologi
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar