GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 2 kali ini masih membahas tentang Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 2 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 45-46 membahas tentang sikap positif terhadap pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945.
Sebelumnya kamu sudah belajar bersama GridKids tentang hakikat pokok pikiran pembukaan UUD 1945 hingga makna pentingnya.
Kali ini kamu akan diajak kembali membahas sikap positif terhadap pembukaan UUD 1945 sebagai aturan pokok yang diperlukan untuk negara dan pemerintah dalam menjalankan negara sesuai cita-cita dan jati diri bangsa.
Dasar-dasar falsafah dan pandangan hidup bangsa yang digambarkan dalam Pancasila dan UUD 1945 sudah mengakar dan tumbuh selama berabad-abad lamanya dalam benak dan bagian dari sejarah bangsa Indonesia yang besar dan panjang.
Generasi penerus bertugas untuk terus mempertahankan dan melestarikan pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945.
Hal itu akan menjaga UUD 1945 menjadi sekadar rangkaian kata-kata luhur yang hanya sebatas rangkaian kata bukannya menjadi pegangan hidup dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.
Upaya mempertahankan pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945 enggak hanya dilakukan dengan enggak melakukan perubahan atas itu.
Namun, langkah yang enggak kalah penting adalah dengan mencoba mewujudkan pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Tiap lembaga negara, lembaga masyarakat, dan warga negara, wajib ikut memperjuangkan supaya pokok-pokok pikiran itu menjadi kenyataan.
Lalu, apa saja contoh penerapan sikap terhadap pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945?
Baca Juga: Hakikat Pokok Pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945, Materi PKN Kelas 9 SMP
Contoh Sikap terhadap pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945
1. Membekali diri dengan pengetahuan tentang peraturan hukum yang berlaku di masyarakat maupun cakupan negara.
2. Belajar dan menambah pengetahuan tentang isi peraturan-peraturan hukum yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
3. Memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara yang tertib dan patuh pada hukum negara.
4. Menunjukkan sikap positif terhadap penerapan hukum dan menerapkannya pada kebiasaan hidup sehari-hari.
Misalnya tertib menaati rambu-rambu lalu lintas untuk keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.
5. Memeluk perbedaan antar teman di sekolah, berbeda bukan berarti terpecah belah, melainkan harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain.
6. Turut melaksanakan aturan keluarga dalam kesepakatan membersihkan rumah secara berkala.
7. Mengikuti upacara bendera dengan khidmat.
8. Taat beribadah sesuai ajaran agama dan kepercayaan masing-masing.
9. Menunjukkan sikap sopan dan santun kepada orang yang lebih tua.
10. Turut aktif dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan demi kenyamanan dan kebersihan lingkungan bersama.
Pertanyaan: |
Upaya apa yang bisa dilakukan untuk mempertahankan pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945? |
Petunjuk, cek lagi page 1. |
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia |
Penulis | : | Ayu Ma'as |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar