GridKids.id - Sebelumnya kamu sudah mengenal tentang pengertian, manfaat, hingga rumus-rumus Excel yang bisa membantumu untuk menyelesaikan pengolahan data.
Excel digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pengaturan uang belanja bulanan, mencatat keuntungan dan kerugian, dan mengolah data statistika.
Aplikasi ini dikenal juga dengan nama lembar kerjanya yaitu spreadsheet.
Lembar kerja Excel terdiri dari kolom dan baris data yang memuat banyak sekali sel data.
Tiap sel bisa diisi teks atau angka yang bisa dihitung menggunakan formula atau rumus.
Nah, berikutnya akan dijelaskan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Microsot Excel. Yuk, simak daftar fiturnya di bawah ini!
Fitur-Fitur pada Microsoft Excel
1. Quick Access Toolbar : Kumpulan tombol pintas yang digunakan untuk perinta umum, misalnya tambahan atau pengurangan sel, hingga menu default (save, undo, dan redo).
2. Ribbon : Kumpulan tab yang sudah disusun berdasar kategori tertentu misalnya home, insert, page layout, formulas. Masing-masing tab berisi beberapa kelompok perintah, misalnya font, alignment, dan number.
Baca Juga: Mengenal Microsoft Excel: Pengertian dan Manfaat Penggunaannya
3. Title: Menampilkan dokumen yang sedang dibuka.
4. Name Box: Menampilkan lokasi atau "nama" sel yang dipilih.
5. Cell (Sel): Sel merupakan tiap persegi panjang dalam lembar kerja yang merupakan persimpangan antara kolom dan baris.
6. Row (Baris): Baris merupakan sekumpulan sel yang bergerak kiri ke kanan halaman, yang diidentifikasi dengan nomor.
7. Column (Kolom): Kolom adalah sekumpulan sel yang bergerak dari atas ke bawah halaman yang diidentifikasi dengan huruf.
8. Formula Bar: Tempat untuk memasukkan atau edit data, formula, atau fungsi yang ada di sel tertentu.
9. Scroll between worksheets: Digunakan untuk menggeser worksheet atau lembar kerja.
Tiap lembar kerja punya satu atau lebih lembar kerja, misalnya sheet1, sheet2,... dst.
Menu klik kanan untuk pilihan lain, klik tab untuk beralih di antaranya.
Baca Juga: 8 Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan, dari SUM hingga HLOOKUP
10. Click to add a new worksheet: Digunakan untuk menambahkan worksheet baru
11. Normal View: Tampilan mode standar yang menunjukkan jumlah sel dan kolom yang enggak terbatas.
12. Page Layout View: Tampilan ini akan membagi worksheet jadi halaman.
13. Page Break View: Pilihan untuk menampilkan overview worksheet untuk membantu ketika menambahkan menu page break.
14. Scroll Bar: Fitur ini diletakkan di bagian paling bawah di sebelah kanan yang berfungsi untuk menggeser tampilan ke atas-bawah atau kanan- kiri.
Itulah beberapa fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft Excel lengkap dengan fungsinya. Semoga uraian di atas berguna untuk menambah pengetahuanmu, ya.
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Microsoft.com |
Penulis | : | Ayu Ma'as |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar