Find Us On Social Media :

Peristiwa Rengasdengklok: Penculikan demi Proklamasi Kemerdekaan

Peristiwa bersejarah sebelum proklamasi kemerdekaan dikumandangkan adalah penculikan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok.

GridKids.id - Dalam hitungan hari, Indonesia akan berulang tahun dan memperingati Hari Kemerdekaannya yang ke -79.

Sejak 17 Agustus 1945 silam, Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya sebagai negara yang berdaulat dan bebas dari kekuatan asing.

Ketika mengingat waktu bersejarah Indonesia, tak mungkin kita melupakan salah satu peristiwa penting sebelum kemerdekaan, nih, Kids.

Yap, kali ini kamu akan kembali mengingat dan membahas kembali tentang peristiwa Rengasdengklok 16 Agustus 1945.

Peristiwa Rengasdengklok adalah salah satu upaya bangsa Indonesia untuk memproklamirkan kemerdekaannya dalam situasi vacuum of power.

Indonesia yang ketika itu berada di bawah pendudukan Jepang, sedang dalam situasi yang tak menentu, Kids.

Pasalnya Jepang telah menyerah tanpa syarat kepada pihak sekutu setelah jatuhnya bom atom di Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945).

Meski terjadi di 16 Agustus 1945, peristiwa Rengasdengklok ini sebenarnya sudah bermula sejak 15 Agustus 1945, atau sehari sebelumnya.

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa bersejarah ketika terjadi perselisihan dan perbedaan pandangan antara golongan tua dan golongan muda.

Meski keduanya mengharapkan kemerdekaan bagi Indonesia, dua golongan ini punya cara pandang dan sikap berbeda memandang situasi vacuum of power di Indonesia.

Lalu, seperti apa latar belakang terjadinya peristiwa rengasdengklok ini? Simak sama-sama penjelasan lengkapnya, ya, Kids!

Baca Juga: Menuju Proklamasi Kemerdekaan: Pertemuan di Vietnam Hingga Rengasdengklok, Sejarah XI SMA