Find Us On Social Media :

Penjelasan Pemasaran Sosial: Pengertian, Tujuan, dan Karakteristiknya

Pemasaran sosial adalah strategi yang digunakan untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan sosial.

GridKids.id - Pemasaran sosial berkembang pesat di bidang pelayanan masyarakat.

Pemasaran sosial berkaitan dengan masalah-masalah lingkungan seperti kehutanan, mengurangi konsumsi air, menghilangkan polusi sumbeer air non-point, mengurangi pemalasan mobil.

Apa itu pemasaran sosial?

Pemasaran sosial adalah teknik pemasaran yang berfokus pada penggunaan prinsip-prinsip dan teknik-teknik untuk mencapai tujuan-tujuan sosial atau perubahan perilaku yang diinginkan dalam masyarakat.

Tujuan utama dari pemasaran sosial adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau mengatasi masalah sosial tertentu.

Pemasaran sosial dilakukan untuk memengaruhi khalayak sasaran agar secara sukarela menerima, menolak, memodifikasi, atau mengabaikan suatu perilaku demi kepentingan individu, kelompok atau masyarakat.

Tujuan Pemasaran Sosial

Beberapa tujuan utama pemasaran sosial meliputi:

1. Meningkatkan Kesadaran

Tujuan ini mencakup peningkatan pemahaman masyarakat tentang isu-isu sosial atau kesehatan tertentu, seperti pentingnya hidup sehat, perlunya mengurangi konsumsi plastik.

2. Mengubah Perilaku

Baca Juga: Apa Itu Penyimpangan Sekunder? Ini Ciri-Ciri serta Contohnya dalam Kehidupan

Pemasaran sosial bertujuan untuk mengubah perilaku negatif menjadi positif, seperti mengurangi perilaku merokok, mengemudi dalam keadaan mabuk, atau meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

3. Mengurangi Stigma

Beberapa kampanye pemasaran sosial bertujuan untuk mengurangi stigma terhadap kelompok tertentu, seperti orang dengan gangguan mental, atau penyintas penyakit tertentu.

4. Mendorong Partisipasi

Tujuan ini mencakup mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan positif, seperti kampanye penghijauan, donor darah, atau mendukung gerakan amal.

5. Menggalang Dukungan

Pemasaran sosial juga bertujuan untuk menggalang dukungan dari masyarakat, lembaga, atau pemerintah dalam mendukung inisiatif sosial tertentu, seperti kampanye anti-perundungan, perlindungan lingkungan, atau program kesehatan masyarakat.

Karakteristik Pemasaran Sosial

Beberapa karakteristik penting dari pemasaran sosial meliputi:

1. Tujuan Sosial

Pemasaran sosial bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuan sosial, seperti meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan, mendukung keberlanjutan lingkungan, atau mengurangi perilaku merugikan.

Baca Juga: 5 Akibat Adanya Keragaman Sosial dan Budaya bagi Bangsa Indonesia, Apa Saja?

2. Perubahan Perilaku

Fokusnya bukan hanya pada menyampaikan informasi, tetapi juga merancang strategi untuk mengubah perilaku masyarakat.

3. Audien Sasaran

Pemasaran sosial mengidentifikasi kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat yang menjadi sasaran untuk mengubah perilaku.

Ini bisa berupa remaja yang terlibat dalam perilaku berisiko, keluarga yang membutuhkan edukasi kesehatan, atau komunitas yang perlu disadarkan akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai pemasaran sosial, mulai dari pengertian hingga karakteristiknya.

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.