Find Us On Social Media :

Penjelasan Pemasaran Sosial: Pengertian, Tujuan, dan Karakteristiknya

Pemasaran sosial adalah strategi yang digunakan untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan sosial.

GridKids.id - Pemasaran sosial berkembang pesat di bidang pelayanan masyarakat.

Pemasaran sosial berkaitan dengan masalah-masalah lingkungan seperti kehutanan, mengurangi konsumsi air, menghilangkan polusi sumbeer air non-point, mengurangi pemalasan mobil.

Apa itu pemasaran sosial?

Pemasaran sosial adalah teknik pemasaran yang berfokus pada penggunaan prinsip-prinsip dan teknik-teknik untuk mencapai tujuan-tujuan sosial atau perubahan perilaku yang diinginkan dalam masyarakat.

Tujuan utama dari pemasaran sosial adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau mengatasi masalah sosial tertentu.

Pemasaran sosial dilakukan untuk memengaruhi khalayak sasaran agar secara sukarela menerima, menolak, memodifikasi, atau mengabaikan suatu perilaku demi kepentingan individu, kelompok atau masyarakat.

Tujuan Pemasaran Sosial

Beberapa tujuan utama pemasaran sosial meliputi:

1. Meningkatkan Kesadaran

Tujuan ini mencakup peningkatan pemahaman masyarakat tentang isu-isu sosial atau kesehatan tertentu, seperti pentingnya hidup sehat, perlunya mengurangi konsumsi plastik.

2. Mengubah Perilaku

Baca Juga: Apa Itu Penyimpangan Sekunder? Ini Ciri-Ciri serta Contohnya dalam Kehidupan