Find Us On Social Media :

Apa Itu Iklan? Ini Pengertian, Bahasa, dan Unsur-unsurnya

Iklan adalah aktivitas untuk mempromosikan barang maupun jasa.

GridKids.id - Untuk menawarkan jasa maupun produk, kita dapat menggunakan iklan dan poster.

Iklan dan poster ini adalah wacana yang bentuknya deskriptif atau penggambaran produk iklan dan bersifat persuasif. 

Sementara itu, persuasif artinya membujuk atau mengajak pembacanya. Iklan sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya menggiring gagasan.

Iklan merupakan semua aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang, dan jasa secara nonpersonal yang dibayar oleh sponsor.

Umumnya, wujud iklan berupa penyajian informasi tentang produk, merek, perusahaan, maupun toko.

Iklan juga adalah proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan.

Untuk perusahaan komersial, iklan dan poster dimanfatkan untuk menjual barang dan jasa. 

Bagi pemerintah, iklan dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

Sedangkan untuk individu, iklan digunakan untuk membeli dan menjual produk-produk tertentu.

Berikut adalah bahasa iklan dan unsur-unsurnya yang perlu dipahami!

Bahasa Iklan

Baca Juga: Mengenal Struktur, Ciri, Jenis, dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Bahasa iklan digunakan yang bertujuan untuk memengaruhi pembaca maupun pendengarnya, Berikut adalah beberapa struktur kata dalam bahasa iklan:

- Persuasif: artinya rangkaian kalimat membuat konsumen nyaman, senang, tentram, dan menghibur.

- Menggugah: artinya mencermati kebutuhan konsumen, memberikan solusi dan memberikan perhatian.

- Bertenaga gerak: komposisi kata-katanya menghargai waktu selama masa penawaran atau masa promosi berlangsung.

- Informatif: artinya kata-kata yang digunakan harus jelas, bersahabat, komunikatif. Sehingga tidak terkesan bertele-tele.

Untuk menyampaikan gagasan pikiran, penulis iklan perlu memahami aturan-aturan bahasa, seperti tata bahasa, kaidah, idiom, dan konotasi kata.

Unsur Iklan

Terdapat beberapa unsur iklan, seperti berikut ini:

- Batas berlaku iklan

- Sasaran yang jelas

- Foto produk yang menunjukkan penampilan produk yang ditawarkan.

Baca Juga: 4 Perbedaan Poster dan Iklan serta Karakteristiknya, Apa Saja?

- Penanggung jawab iklan

- Harus ada produk yang ditawarkan

- Logo dan nama perusahaan

- Untuk iklan dalam radio dan televisi, diperlukan dialog dan gambar bergerak (video), serta musik.

- Slogan produk

- Bahasa yang digunakan harus menarik.

Nah, itulah penjelasan tentang iklan yang meliputi bahasa dan unsur-unsurnya.

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.