Find Us On Social Media :

Apakah Teh Hijau Bisa Membantu Tidur Lebih Nyeyak? Ini Faktanya

Manfaat minum teh hijau sebelum tidur.

GridKids.id - Teh hijau cukup populer di kalangan masyarakat di berbagai belahan dunia.

Kepopulerannya enggak hanya karena rasanya yang segar dan ringan, tetapi juga karena banyaknya manfaat kesehatan yang dikaitkan dengannya.

Beberapa manfaat kesehatan yang diketahui dari konsumsi teh hijau termasuk kandungan antioksidan tinggi, potensi meningkatkan metabolisme, membantu mengurangi risiko penyakit jantung, dan berbagai manfaat lainnya.

Selain itu, teh hijau juga sering dianggap memiliki efek relaksasi dan dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

Beberapa budaya juga memiliki tradisi minum teh sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari, seperti dalam upacara minum teh di Jepang atau teh tumpeng di China.

Ketertarikan pada gaya hidup sehat dan kesadaran akan manfaat makanan dan minuman alami juga telah meningkatkan popularitas teh hijau.

Lalu, apakah teh hijau dapat membuat tidur jadi jadi lebih nyenyak?

Teh hijau dapat membantu tidur kita lebih nyenyak. Meski memilki kandungan kafein namun menariknya teh hijau menunjukkan bahwa hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur dan melawan insomnia.

Misalnya, sebuah penelitian kecil terhadap 20 orang dewasa menemukan bahwa minum teh hijau rendah kafein dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur, penurunan stres, dan pengurangan kelelahan, dibandingkan dengan minum teh hijau biasa.

Selain itu, teh hijau juga mengandung L-teanin, suatu asam amino yang dapat memiliki efek menenangkan dan membantu mengurangi stres.

Untuk itu, pastikan kamu memilih teh hijau dengan kandungan kafein rendah atau tanpa kafein jika ingin meminum teh hijau sebelum tidur. 

Baca Juga: Meski Kaya Antioksidan, Ini 4 Efek Samping Teh Hijau Jika Dikonsumsi Berlebihan