Find Us On Social Media :

Fungsi Kearifan Lokal serta Contoh-contohnya, Materi IPS Kelas 5 SD

Contoh kearfian lokal yang di Indonesia adalah budaya Bali.

GridKids.id - Kids, kali ini kita akan belajar tentang kearifan lokal pada materi IPS kelas 5.

Indonesia adalah negara yang ragam akan budaya. 

Masyarakat Indonesia memiliki keberagaman budaya dan kebiasaan yang sangat kaya dan unik.

Hal ini dapat dilihat dari perbedaan budaya antar suku, agama, dan daerah di seluruh Indonesia.

Setiap suku memiliki tradisi, bahasa, dan adat istiadatnya sendiri.

Bahkan tradisi, perilaku dan nilai-nilai terus diwariskan atau diterapkan di masyarakat dan hal tersebut dinamakan kearifan lokal.

Kearifan lokal merujuk pada kebijaksanaan, nilai-nilai, tradisi, dan pengetahuan yang telah ada dalam suatu komunitas atau budaya tertentu secara turun temurun.

Kearifan lokal adalah nilai-nilai, tradisi, dan praktik-praktik yang berkembang di suatu masyarakat atau komunitas tertentu secara turun-temurun.

Kearifan lokal mencerminkan cara hidup dan pandangan dunia yang diwariskan dari generasi ke generasi dalam suatu wilayah atau budaya tertentu.

Faktor-faktor yang dapat mencakup kearifan lokal melibatkan berbagai aspek kehidupan, seperti sistem pertanian, seni dan kerajinan, kepercayaan, tata nilai, sistem pengetahuan tradisional, serta cara berinteraksi dan berkomunikasi antaranggota masyarakat.

Kearifan lokal seringkali memainkan peran penting dalam mempertahankan identitas budaya suatu komunitas dan memungkinkan adaptasi terhadap lingkungan alam dan sosial setempat.

Baca Juga: Bagaimana Kondisi Pelestarian Kearifan Lokal di Tengah Arus Modernisasi dan Globalisasi?